Hendak Menyebrang Dengan Kapal Penumpang, Truk Bermuatan Gas LPG Disuruh Putar Balik

KILASINFO.ID
29 September, 2021 | 9:34 PM WIB Last Updated 2021-09-29T14:35:36Z

KILAS INFO ■ Polsek Kawasan Pelabuhan Padangbai gagalkan penyebrangan truk yang berisi ratusan tabung gas LPG yang hendak menyebrang menggunakan kapal penumpang dari Pelabuhan Padangbai menuju pelabuhan Lembar, NTB, pada Selasa (28/9/2021) malam. Hal ini dinilai tidak sesuai SOP. 

Dikonfirmasi Kapolsek Kawasan Pelabuhan Padangbai Kompol I Made Suadnyana membenarkan hal tersebut. 

Dijelaskan jika personel jaga saat melakukan pemeriksaan terhadap truk-truk yang hendak menyeberang dari Pelabuhan Padangbai ke Pelabuhan Lembar, NTB mendapati 1 buah truk membawa tabung gas LPG ukuran 12 kg sebanyak 450 biji. 

"Dimana rencananya gas LPG tersebut akan didistribusikan ke Nusa Tenggara Timur. Truk tesebut dikemudikan oleh Maximus Longga (43) yang berasal dari Flores, " Beber Kompol I Made Suadnyana. 

Dinilai tidak sesuai SOP, truk tersebut tidak diperbolehkan menyeberang. Sang sopir kemudian diperingati untuk tidak melakukan hal yang sama lagi dan disuruh putar balik. 

"Jika membawa gas LPG harus dengan armada khusus, atau kapal khusus bukan dengan menggunakan kapal penumpang," Sambungnya. 

Alasannya ialah agar terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan, karena gas sangat rentan dan berbahaya jika diangkut dengan kapal penumpang.  

"Sampai saat ini penjagaan di pintu masuk Pelabuhan Padangbai terus diperketat dengan menambah personel yang berjaga. Ini dilakukan untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan yang dapat membahayakan, dan juga untuk mencegah masuknya barang-barang ilegal melalui Padangbai," ujar Kapolsek.  (Ami)

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Hendak Menyebrang Dengan Kapal Penumpang, Truk Bermuatan Gas LPG Disuruh Putar Balik

Trending Now

Iklan