Dua Pelaku Penyelundupan Benur di Sukabumi Diciduk Polisi

KILASINFO.ID
13 Oktober, 2021 | 5:14 PM WIB Last Updated 2021-10-13T10:14:18Z

KILAS INFO ■ Satuan Reserse Kriminal (Sat Reskrim) Polres Sukabumi, berhasil membekuk dua orang penyelundup ratusan ekor benur atau benih bening lobster (BBL). 

Kapolres Sukabumi AKBP Dedy Darmawansyah Nawirputra menjelaskan, aksi penyelundupan benur oleh dua orang berinial RA dan RN tersebut berhasil digagalkan Satuan Reserse Kriminal (Sat Reskrim) Polres Sukabumi di Jalan Raya Puncak Ciemas.    
  
"Dalam operasi tangkap tangan itu, kami berhasil mengamankan 2 orang pelaku, yaitu berinisial RN sebagai pengepul dan RA sebagai karyawan RN untuk mengirimkan ke Mr x yang sedang kami dalami," ujar Dedy didampingi Kasat Reskrim Polres Sukabumi AKP Rizka Fadhila kepada awak media di Mako Polres Sukabumi, pada Rabu (13/10/2021). 

Ia menjelaskan, adapun barang bukti yang berhasil disita dari dua orang tersangka yaitu sebanyak 768 ekor benur yang dibungkus oleh plastik bening. 

"Pada plastik bening itu ada 443 jenis benur pasir dan 325 jenis mutiara," ucap Dedy. 
  
Modus operandi tersangka, sambung Dedy membeli langsung dua jenis benur kepada nelayan dengan harga benur jenis pasir Rp9 ribu dan benur jenis mutiara dibeli dari nelayan Rp13 ribu. 

"RN kemudian menjual ke Mr x dengan mengambil keuntungan 500 rupiah per ekor," jelasnya.   

Lanjut Dedy dalam seminggu tersangka bisa mengirim 3 sampai 5 kali kepada Mr x atau pengepul lainnya. Tersangka juga sudah menyelundupkan benur ini sekitar 1 tahunan. "Keuntungan yang diperoleh tersangka dari hasil menjual benur sebanyak 10 ribu ekor dalam satu bulan senilai Rp100 juta," paparnya. 


Penangkapan ini, tambah Dedy, sebagai tindak lanjut imbauan dari Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kabupaten Sukabumi, bahwa terhitung sejak 30 November 2020 lalu tidak boleh menangkap benur untuk ekspor. 

"Kita akan terus melakukan penangkapan dan penindakan terhadap penangkapan benur yang tidak sesuai dengan peruntukkannya. Tersangka dijerat Undang Undang perikanan dengan kurungan penjara 8 tahun. Adapun Mr x sendiri, saat ini masih dalam pemeriksaan dan para tersangka ini sehari - hari merupakan nelayan," tandasnya.

Kontributor.   : R 2
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Dua Pelaku Penyelundupan Benur di Sukabumi Diciduk Polisi

Trending Now

Iklan