Objek Wisata Situ Gunung Kembali Dibuka, Kunjungan Wisatawan Hanya 25 Persen

KILASINFO.ID
31 Oktober, 2021 | 9:59 AM WIB Last Updated 2021-10-31T02:59:49Z

KILAS INFO ■ Sebanyak 31 taman rekreasi termasuk Situ Gunung yang berada di Kecamatan Kadudampit Kabupaten Sukabumi, sudah dilakukan uji coba prokes dan penggunaan aplikasi PeduliLindungi  tahap III.

Kepala Resort PTN Situgunung, Asep Suganda, mengatakan bahwa Situ Gunung sudah mulai uji coba buka pada Senin (25/10), namun dengan kapasitas 25 persen pengunjung. Hal tersebut sesuai dengan surat edaran yang dikeluarkan oleh Kemenparekraf dan surat edaran dari Balai Besar Taman Nasional Gunung Gede Pangrango (TNGGP).

"Pada hari ini, Situ Gunung sudah mulai uji coba buka, Kapolsek Kadudampit bersama Koramil berkunjung kesini untuk monitoring terkait penerapan prokes, dan juga menghimbau kepada para pengunjung yang datang kesini harus sudah di vaksin," kata Asep, pada Sabtu (30/10).

Asep menambahkan, upaya agar tidak kecolongan terkait prokes, pihaknya sudah menyediakan QR Barcode PeduliLindungi dari Kementerian Kesehatan. 

Dan untuk wisatawan yang akan berkunjung ke Situ Gunung ini harus sudah divaksin. Kemudian untuk anak usia 12 tahun ke bawah tidak diperbolehkan masuk.

"Nah untuk wisatawan yang ingin masuk, harus sudah menggunakan QR Code aplikasi PeduliLindungi, dan harus sudah divaksin (minimal dosis pertama), serta harus menunjukkan bukti sudah di vaksin," jelasnya.

Sementara itu, Kapolsek Kadudampit, Ipda Awan Kurniawan, menjelaskan, dengan kembali dibukanya Situ Gunung, pihaknya bersama Danposramil melaksanakan monitoring PPKM level 3 di kawasan wisata, dengan tujuan untuk memastikan prokes yang ada di kawasan wisata tersebut, supaya bisa menekan angka penyebaran Covid-19.

"Walaupun kapasitas kunjungan wisatawan hanya 25 persen, kami bersama Danposramil setiap hari akan melaksanakan monitoring, karena Kabupaten Sukabumi kini masih masuk dalam kategori PPKM level 3," ujar Awan.


Masih kata Awan, seusai dengan surat edaran Kemenparekraf, bahwa taman rekreasi yang sudah melakukan uji coba buka, dari sepanjang jalan menuju lokasi tempat wisata, pada weekend akan di berlakukan penerapan ganjil genap, dengan tujuan untuk mengantisipasi adanya lonjakan pengunjung dari luar daerah. 

"Untuk mengurangi kepadatan dilokasi wisata, mulai Jumat pukul 12.00 WIB sampai dengan Minggu pukul 18.00 WIB, kami akan diberlakukan penerapan ganjil genap," pungkasnya.

Kontributor ■ R-3
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Objek Wisata Situ Gunung Kembali Dibuka, Kunjungan Wisatawan Hanya 25 Persen

Trending Now

Iklan