Polisi Berhasil Amankan Pelaku Pembuangan Bayi Di Desa Tonjong

KILASINFO.ID
08 Oktober, 2021 | 6:53 PM WIB Last Updated 2021-10-08T11:53:31Z

KILAS INFO ■ Sat Reskrim Polres Sukabumi berhasil mengungkap kasus pembuangan bayi yang ditemukan oleh warga di Kampung Tonjong, Desa Tonjong, Kecamatan Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, pada Jumat (8/10/2021). 

Kasat Reskrim Polres Sukabumi AKP Rizka Fadhila memaparkan pihaknya telah berhasil mengamankan diduga ibu dan ayah bayi yang ditemukan mengambang di selokan ke Mako Polres Sukabumi.   

"Hasil dari identifikasi, bayi berusia kurang lebih sekitar 8 bulan di dalam kandungan, berjenis kelamin laki - laki dengan berat kurang lebih 1,6 kilogram. Dugaan sementara tersangka berinisial I (19 tahun) ibu kandung bayi dan A  (23 tahun) yang kita duga sebagai ayah almarhum bayi," ujar Rizka dalam keterangannya di Mapolres Sukabumi. 

Modus operandinya, sambung Rizka, usia kandungan ibu kandung almarhum bayi ini sudah memasuki 8 bulan. Namun karena memang dari awal I dan A ini memang tidak menginginkan bayi lahir, sehingga nekad meminum obat agar bayi dalam kandungan itu cepat keluar.   

"Jadi tersangka ini sengaja menggugurkan kandungan dengan minum obat dipaksakan keluar, akhirnya pagi tadi kurang lebih jam 4 pagi lahir di suatu tempat. Kemudian ibu bayi ini meletakkan di pinggir tepian sungai, tetapi ketika ditinggal akan diambil lagi ternyata sudah tidak ada. Kemudian, pukul 07:00 WIB pagi sudah ramai bahwa ada bayi hanyut di pinggiran kali," terang Rizka. 

Barang bukti yang berhasil diamankan dari tersangka I, yaitu baju yang digunakan saat melahirkan dan atas perbuatan itu, tersangka terancam undang-undang perlindungan anak pasal 80 ayat 3 dan ayat 4 dengan ancaman 15 tahun penjara. 

Namun karena dilakukan oleh ibu kandung sendiri ditambah sepertiga dengan ancaman kurungan 20 tahun penjara. 

"Untuk lebih memastikan penyebab kematian bayi, saat ini dari unit PPA Satreskrim Polres Sukabumi berkordinasi dengan RS Sekarwangi dan akan melaksanakan otopsi terhadap almarhum bayi itu," tandasnya.

Kontributor ■  R-3
Editor ■ ErEm
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Polisi Berhasil Amankan Pelaku Pembuangan Bayi Di Desa Tonjong

Trending Now

Iklan