150 Personel Gabungan Dipersiapkan Tangani Bencana

KILASINFO.ID
13 November, 2021 | 1:58 PM WIB Last Updated 2021-11-13T06:58:50Z

KILASINFO.ID ■ SUKABUMI - Personel gabungan TNI/ Polri dan instansi terkait dari Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Sukabumi, menggelar apel kesiapan penanganan bencana dan simulasi penanganan tanah longsor, di halaman kantor Pos Sar Basarnas Jalan Kidang Kencana, pada Sabtu (13/11). 

Apel kesiapan penanganan bencana dipimpin langsung Kapolres Sukabumi AKBP Dedy Darmawansyah Nawirputra dan dihadiri Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Sukabumi, Ade Suryaman serta unsur Forkopimda Kabupaten Sukabumi. 

Kapolres Sukabumi AKBP Dedy Darmawansyah Nawirputra, menyatakan bahwa Kabupaten Sukabumi, iklimnya berubah drastis, hujan begitu banyak sehingga berpotensi terjadinya bencana seperti banjir, longsor, dan angin puting beliung. 

"Diharapkan manakala terjadi bencana personil gabungan segera mendatangi tempat kejadian dengan prioritas untuk menolong korban dan masyarakat," ujar Dedy kepada awak media. 

Lebih jauh Dedy meminta agar seluruh tim selalu menjaga kekompakan dan komunikasi, sehingga ketika dalam melaksanakan pertolongan korban dapat berjalan secara efektif. "Kekompakan tim menjadi kunci sukses keberhasilan dalam penanganan dan penanggulangan bencana alam," paparnya. 

Dedy menyebut personel gabungan yang mengikuti apel kesiapan penangananan bencana dan simulasi penanganan bencana tanah longsor diikuti oleh 150 orang. 


"Dari Polres Sukabumi sebanyak 52 personel atau dua peleton. Dari unsur TNI Kodim, BPBD, Satpol PP, Basarnas, TNI AL, Damkar, dan relawan kurang lebih 150 personil," tandasnya. 

Sementara Sekretaris Daerah Sukabumi Ade Suryaman menyambut baik kegiatan apel kesiapan bencana dan simulasi penanganan bencana yang dilaksanakan Polres Sukabumi bersama stakeholder terkait penanganan bencana. 

"Kegiatan apel dan simulasi bencana yang dilaksanakan Polres Sukabumi merupakan bagian konsolidasi kita sebagai kesiapan dalam penanganan bencana," kata Ade kepada media. 

Kapolres Sukabumi dan Sekda Kabupaten Sukabumi bersama tamu undangan melihat alat dan peralatan untuk melaksanakan evakuasi dan kegiatan SAR yang disiagakan dalam apel kesiapan bencana. 

Diakhir kegiatan diperagakan simulasi evakuasi dan kegiatan SAR oleh Polres Sukabumi dan tim gabungan yang dipimpin Wakapolres Sukabumi Kompol Niko N Adiputra didampingi Kasat Samapta Akp Roni Haryanto dengan memperagakan pertolongan kepada korban bencana alam tanah longsor.

Reporter  R-2 | Redaktur : ErEm
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • 150 Personel Gabungan Dipersiapkan Tangani Bencana

Trending Now

Iklan