47 Pekerja Outsourcing Bekerja di PT. AGM Mekarsari Dirumahkan Oleh PT. ISS Indonesia

KILASINFO.ID
09 November, 2021 | 9:12 PM WIB Last Updated 2021-11-09T14:12:22Z

KILASINFO.ID ■ SUKABUMI -  Sebanyak 47 dari jumlah 72 pekerja yang terikat dalam status kontrak kerja Outsourcing di PT.ISS Indonesia yang ditempatkan bekerja sebagai tenaga Cleaning Sercie di PT. Aqua Golden Mississippi Mekarsari (AGM) Kecamatan Cicurug, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, dirumahkan bukan karyawan tetap Aqua.

Pantauan Kilasinfo.id, Aksi damai puluhan tenaga kerja Outsourcing diterima dan mendapat tanggapan dari Operasional head PT. ISS Indonesia. Setelah keluhannya diterima para pekerja cleaning sercive membubarkan diri masing masing, pada Selasa,(9/11/2021).

Salah satu pekerja outsorsing Angga Rahmat (35 tahun) mengatakan, dari 47 orang pekerja mayoritas sudah bekerja sekitar 10 Sampai 15 tahun, namun sudah beberapa kali peralihan Yayasan outsorsing yang bekerjasama dengan PT. Aqua Golden Misisipi (AGM).

" Kemarin mereka hanya pembicaraan saja, tetapi kami meminta tersurat poin-poin apa alasan kami dirumahkan. Kami tetap mendesak Pihak ISS,  karena kami ingin bekerja," Ujarnya. 

Proses pengadilan PHI tetap berjalan, langkah selanjutnya kami menggalang Bapak Bupati, DPR sebagai warga negara, kami meminta perlindungan lebih yang selayaknya. Bilamana tidak ada itikad baik dari perusahaan kami akan tetap melakukan aksi," Tandasnya. 

Sementara itu, usai menerima para pekerja, Operasional head PT. ISS Indonesia Sugeng Ono mengatakan, terkait 47 main power itu betul karyawan PT ISS Indonesia yang dipekerjakan di area Aqua Mekarsari itu ada bukti kontraknya. 

" Sebagai bukti kami jadi itu mutlak karyawan PT. ISS Indonesia, kontrak Kami masuk ke Aqua sejak Bulan Juli 2017 hingga 31 Desember 2021, karena kita sebagai pemenang tender sehingga masuk kesitu, jadi kita melakukan perekrutan menjadi karyawan PT. ISS Indonesia. 2017 sampai sekarang pun di kami ada namanya akselerasi PKWT jadi karyawan kontrak tetap kepada teman-teman yang ada di Aqua Mekarsari, itu sudah kita berikan jadi bentuk kebijakan manajemen kami memberikan seluruh karyawan ISS Indonesia termasuk yang ada di Mekarsari diberikan kesempatan apabila perusahaan ketika akan melakukan menjadikan PKWTT biasanya ada selektifnya dari penilaian kinerja, umur, kelulusan atau ijazahnya namun tahun ini ISS memberikan kepada karyawan kami akselerasi PKWTT sehingga kami berupaya semua yang berada di Aqua Mekarsari menjadi karyawan tetap di PT. ISS Indonesia yang ditempatkan di Aqua Mekarsari," Jelas Sugeng.


Lebih Lanjut Sugeng, ada akselerasi PKWTT tapi tidak di ambil ke 47 karyawan, sehingga kami memberikan surat untuk dibebas tugaskan sementara. Untuk waktunya belum dapat kami konfirmasi karena dari manajemen belum ada waktu sampai kapannya," Imbuhnya.

Dikatakan Sugeng, isu perselisihan sehingga kami melihat poin satu ada perselisihan, dua adanya kebijakan ISS kita berikan bebas tugas sementara itu sudah kita sepakati, " Jelasnya. 

Kalau tuntutan mereka agar diangkat menjadi karyawan Aqua itu hak mereka, tapi langkah sebagai manajemen ISS adalah membebas-tugaskan, namun jika mereka menuntut ke Aqua ingin menjadi karyawan Aqua mungkin tidak sesuai. Karena manajemennya berbeda bahkan ISS sudah memberikan peluang akselerasi PKWTT namun ditolak. 

"Apa yang saya sampaikan menginginkan yang terbaik, manajemen sudah memberikan kesempatan yang terbaik, mudah-mudahan masih ada waktu  upaya kami untuk menjadi karyawan kami, " tandasnya. 

Reporter ■ Cking
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • 47 Pekerja Outsourcing Bekerja di PT. AGM Mekarsari Dirumahkan Oleh PT. ISS Indonesia

Trending Now

Iklan