Dalam Sepekan Bencana Pergerakan Tanah Terjadi di Gegerbitung Sukabumi, 7 Rumah Terancam

KILASINFO.ID
11 November, 2021 | 3:08 PM WIB Last Updated 2021-11-11T08:08:03Z

KILASINFO.ID ■ SUKABUMI - Area persawahan dengan luas kurang lebih 1 hektar yang berada di Kampung Pasir Talang RT 13/04 Desa Cijurey, Kecamatan Gegerbitung, Kabupaten Sukabumi, mengalami pergerakan tanah akibat insensitas hujan yang tinggi dan lama, sehingga menyebabkan beberapa rumah yang tak jauh dari lokasi terancam.

Informasi yang dihimpun dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) melalui Petugas Penanggulangan Bencana Kecamatan (P2BK) Gegerbitung, kejadian pergerakan tanah itu terjadi pada Kamis (04/11) sekitar pukul 15:30 WIB, dengan ketinggian awal 20 cm, dan lebar 10 cm.

"Setelah hampir sepekan pergerakan tanah bertambah lagi, ketinggiannya sekarang sampai 1 meter, dengan kedalaman sampai 1 - 4 meter, serta lebar dari 10 - 40 cm," ungkap P2BK Gegerbitung, dalam laporannya, Kamis (11/11).

Diarea mahkota pergerakan tanah sudah berbentuk tapal kuda, dengan panjang retakan sekitar 60 meter. Dan di atas mahkota pergerakan tanah tersebut terdapat 7 unit rumah yang terancam.

"Jadi jarak dari titik pergerakan tanah ke pemukiman terdekat itu kurang lebih 20 meter. Terancam yang paling dekat ada 7 unit rumah," jelasnya.


Tidak ada korban jiwa maupun luka akibat pergerakan tanah itu, hanya kerugian materi dan masih dalam perhitungan. P2BK Gegerbitung mengaku sudah melakukan koordinasi dengan berbagai unsur mengenai bencana tanah longsor tersebut.

"Kondisi terakhir area persawahan untuk sementara tidak di aliri air, dan kerugian masih dalam kajian. Peristiwa ini juga sudah kami sampaikan dan berkoordinasi dengan perangkat desa, pihak kecamatan, bhabinkamtibmas, dan babinsa setempat. Kami juga telah melakukan assesment kaji cepat di lokasi serta mengimbau masyarakat agar tetap waspada," pungkasnya. 

Reporter  R-3 | Redaktur : ErEm
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Dalam Sepekan Bencana Pergerakan Tanah Terjadi di Gegerbitung Sukabumi, 7 Rumah Terancam

Trending Now

Iklan