Longsor Tumbangkan Pohon Aren Hingga Tutup Jalan Jampang Tengah Sukabumi

KILASINFO.ID
16 November, 2021 | 1:36 AM WIB Last Updated 2021-11-15T18:36:09Z

KILASINFO.ID ■ Sukabumi - Dampak hujan dengan intensitas tinggi mengguyur wilayah Jampang tengah mengakibatkan longsor dan sebuah pohon berukuran besar tumbang hingga melintang menutupi ruas jalan Cikembar - Jampang tengah. 

Longsor terjadi tepatnya di Kampung Bojongjengkol RT 14 / RW 04, Desa Bojongjengkol, Kecamatan Jampang tengah, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, pada Senin (15/11/2021).

Petugas Penanggulangan Bencana Kecamatan (P2BK) Jampang tengah Dadi Supardi mengatakan, longsor tebing mengakibatkan pohon tumbang dan melintang ke jalan.

"Hujan dengan intensitas tinggi mengguyur lokasi kejadian, sekitar pukul 17.30 WIB sore tadi mengakibatkan longsor tebing di ruas jalan provinsi Cikembar - Jampangtengah," Ujarnya. 

Tebing yang cukup labil ini longsor menggerus Pohon Aren yang tumbuh tepat di bibir tebing, pohon berukuran cukup besar ini tumbang tutup akses jalan.

"Longsor juga menumbangkan pohon aren, seluruh badan jalan tertutup batang pohon, sehingga arus lalu lintas terganggu dari kedua arah," Jelas Dadi. 

Lebih lanjut Dadi, P2BK bersama Unsur Pemerintah Desa dan Muspika Jampang tengah berkoordinasi dengan pihak PU Provinsi Jawa Barat melakukan evakuasi Pohon Aren yang menutup ruas jalan.

"Penanganan Kami lakukan dengan memotong sebagian pelepah daun aren, dan evakuasi tanah longsoran, bersama unsur pihak pemerintah setempat dibantu warga serta petugas PU juga sudah ada di lokasi," terangnya.

Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini, saat longsor dan pohon menimpa jalan, tidak ada kendaraan yang melintas di lokasi kejadian.

Kendati akses sempat tertutup namun kendaraan mulai bisa kembali bergerak meski dengan sistem buka tutup.

Arus lalu lintas belum sepenuhnya normal, mengingat batang pohon dan material tanah longsor sebagian masih menutup badan jalan.

"Kami membutuhkan alat berat  untuk evakuasi batang pohon beserta material longsor yang masih menutup sebagian badan jalan," jelas Dadi.

■ Cking


Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Longsor Tumbangkan Pohon Aren Hingga Tutup Jalan Jampang Tengah Sukabumi

Trending Now

Iklan