Mendadak Satlantas Polres Sukabumi Kumpulkan Driver Ambulance, Ada Apa?

KILASINFO.ID
21 November, 2021 | 9:11 PM WIB Last Updated 2021-11-21T14:14:52Z

KILAS INFO ■ Sukabumi - Sebagai upaya Ops Zebra Lodaya 2021 humanis, Jajaran Satlantas Polres Sukabumi melaksanakan sosialisasi tentang safety riding dan safety driving kepada para pengemudi Ambulance di Kantor Desa Sekarwangi.

KBO Lantas Polres Sukabumi IPTU Dodi Irawan.SH mengatakan, Operasi Zebra Lodaya 2021, 14 hari terhitung mulai tanggal 15 November sampai 28 November 2021.

Tema operasi Zebra Lodaya 2021 wujudkan Kamseltibcarlantas yang mantap serta pencegahan penyebaran Corona Virus Disease 2019, dengan meningkatkan disiplin masyarakat dalam menerapkan protokol kesehatan.

"Humanis dalam arti anggota di lapangan itu tidak melakukan penindakan pelanggaran, yang dikedepankan kegiatan preemtif dan preventif. Himbauan prokes serta pembagian masker," Jelas Dodi kepada Kilasinfo.id, pada Sabtu (20/11/2021). 

Lebih lanjut Dodi menyampaikan, Safety riding dan Safety driving Salah satu bentuk kegiatan dari Satlantas dengan pengemudi ambulans, dihadirkan pihak Jasa raharja, dan Dinas Kesehatan Kabupaten Sukabumi. 

"Salah satu tujuannya untuk meningkatkan kemampuan kompetensi dari pengemudi ambulans sehubungan tenaga kesehatan untuk saat ini masih menjadi perhatian kami," Jelasnya. 

"Semua dilibatkan dari ambulans desa, puskesmas, mobil siaga, kita rangkul semuanya, memang belum menyentuh semua mudah-mudahan ke depannya secara bertahap kita bisa menyentuh seluruh pengemudi ambulans yang ada di wilayah Hukum Polres Sukabumi," ungkapnya. 

Pihaknya menyampaikan, penggunaan sirine rotator diatur dalam pasal 135 UU Lalu Lintas 22 Tahun 2019 dalam hal tertentu mereka juga bisa menggunakan 134 UU Lalu Lintas salah satunya penggunaan sirine rotator dalam hal tertentu diberikan prioritas, namun demikian prioritas bukan berarti ugal-ugalan, semaunya karena ada hak pengguna jalan lain seperti pejalan kaki, pengemudi sepeda dan lain sebagainya. 


"Oleh karena itu harus diketahui pengemudi ambulance, kita ketahui untuk di wilayah Utara ini ada beberapa titik pasar, sekolah, pertokoan, pertigaan yang notabene pada saat aktivitas pagi sampai sore itu sangat rawan," terangnya. 

Diakuinya, peserta puluhan pengemudi Ambulance, mengingat saat ini situasi masih pandemi Covid-19, sehingga pelaksanaannya dibagi dalam beberapa tahap dan harus gunakan Protokol Kesehatan (Prokes) tetap terjaga.

" Kita himbau tetap fokus jangan sampai pengemudi ambulans, karena pengemudi ambulans harus mempunyai kompetensi kemampuan kemahiran lebih di atas pengendara lain," tandasnya.

■ Cking

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Mendadak Satlantas Polres Sukabumi Kumpulkan Driver Ambulance, Ada Apa?

Trending Now

Iklan