Objek Wisata Cipanas Terdampak Pergerakan Tanah

KILASINFO.ID
11 November, 2021 | 8:46 PM WIB Last Updated 2021-11-11T13:46:26Z

Kondisi pergerakan tanah di Kampung Cipanas Kecamatan Cisolok Kabupaten Sukabumi. 


KILASINFO.ID ■ SUKABUMI - Hujan deras yang mengguyur Sukabumi dengan intensitas tinggi mengakibatkan pergerakan tanah di Kampung Cipanas RT 06 RW 02, Desa Wangunsari, Kecamatan Cisolok, Kabupaten Sukabumi. 

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sukabumi, melalui Petugas Penanggulangan Bencana Kecamatan (P2BK) Cisolok, Andri Firmansyah mengatakan, pergerakan tanah terjadi, pada Kamis (11/11) sekitar pukul 13:30 WIB. Akibatnya 2 unit rumah dan lahan pertanian rusak. 

"Hujan deras menyebabkan tanah bergerak dari sekitar wilayah pembangunan proyek (Cipanas). Saat ini tengah dilaksanakan kajian oleh team dari PVMBG (Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi)," ujar Andri dalam keterangannya, pada Kamis (11/11).  

Andri menegaskan, tidak ada korban jiwa maupun luka akibat pergeseran tanah itu, hanya kerugian material bangunan rumah dan tanaman pertanian warga masih dalam perhitungan. 
"Akibat pergeseran tanah itu, dua unit rumah milik Turgandi dan Rohim rusak serta tanaman pertanian juga ikut rusak dampak dari bencana itu," jelasnya. 

Kondisi terakhir hasil pemantauan ke lokasi kejadian, retakan tanah semakin membesar di sekitar lokasi proyek pembangunan destinasi wisata Cipanas. 

"Adapun upaya P2BK mendampingi team dari PVMBG melakukan kajian, melakukan koordinasi dengan pihak terkait, assesment atau kajian cepat di lokasi kejadian, serta memberikan imbauan kepada masyarakat agar lebih waspada terutama di musim hujan ini," tandasnya. 

Reporter  R-2 | Redaktur : ErEm
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Objek Wisata Cipanas Terdampak Pergerakan Tanah

Trending Now

Iklan