Polda Jabar Nilai Pos Satkamling di Citepus, Hasilnya?

KILASINFO.ID
17 November, 2021 | 11:24 PM WIB Last Updated 2021-11-17T16:24:10Z

KILASINFO.ID ■ Sukabumi -  Di tengah guyuran hujan, Wakil Direktur (Wadir) Dit Binmas Polda Jawa Barat (Jabar), AKBP Moch Rois mendatangi RW 12 Kampung Citepus Tengah, Desa Citepus, Kecamatan Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi. 

Kedatangannya itu untuk menilai Pos Satkamling yang berada di desa tersebut.   

Wadir Binmas Polda Jawa Barat, AKBP Moch Rois mengucapkan terima kasih kepada seluruh masyarakat Desa Citepus, yang telah hadir pada acara penilaian Pos Satkamling. 

Ia melihat secara langsung bagaimana kegiatan di Pos Satkamling itu. 

"Kami datang ke sini ingin silaturahmi dan melihat Pos Satkamling Desa Citepus Palabuhanratu, bagaimana tugasnya menjaga keamanaan dan ketertiban di wilayah, khususnya di Desa Citepus," ucap Moch Rois dalam keterangannya, pada Rabu (17/11/2021). 

Dijelaskan Moch Rais, Pos Satkamling ini adalah wadah satuan pengamanan terkecil di wilayah desa dan masing-masing desa juga bisa mendirikan pos Satkamling. 

"Inti tugas anggota Satkamling adalah melaksanakan patroli untuk menjaga keamanan dan ketertiban lingkungan menggunakan kentongan dan cara penggunaannya harus dengan aturan tanda-tanda kentongan yang sudah diajarkan, seperti ada pembunuhan, pecurian, kebakaran, bencana alam, laka lantas, dan perkelahian itu ada perbedaan tandanya," ungkapnya. 

Menurutnya, tugas Satkamling juga bukan hanya untuk ronda malam saja, tetapi dapat menyelesaikan masalah di lingkungan desa. Sehingga keberadaanya Pos Satkamling tersebut dapat dirasakan oleh masyarakat. 

"Saya harapkan Satkamling di seluruh desa ada, karena sangat bermanfaat sekali untuk menjaga keamanaan dan ketertiban di lingkungan desa masing -masing dan membantu warga yang memerlukan pertolongan segera," tandasnya. 


Kasat Binmas Polres Sukabumi, AKP Idji Jubaedi melalui Kasi Humas Polres Sukabumi, Ipda Aah Saepul Rohman mengatakan, meskipun diguyur hujan, tetapi tim masih semangat melaksanakan kegiatan penilaian Satkamling.

"Kami ucapkan selamat datang kepada Wadir Binmas walapun hujan mudah-mudahan bapak berkenan dan menjadikan hujan ini sebagai barokah," ucapnya.  

"Ini tindak lanjuti TR dari Polda Jabar tentang perlombaan Pos Satkamling. Kami bekerjasama secara gotong royong dengan warga  untuk menyiapkan satu pos Satkamling yang akan dijadikan penilaian," jelasnya. 

Ia berharap kedepannya petugas Satkamling ini tetap berjalan tidak hanya pada saat ada penilaian saja dan dapat membantu tugas kepolisian menjaga keamanan di lingkungan sekitar.

Hadir mendampingi Wadir Dit Binmas Polda Jabar, Kasat Binmas Polres Sukabumi, AKP Idji Jubaedi, Forum Koordinasi Pimpinan Kecamatan (Forkopimcam) Palabuhanratu, Penata TK I Gungun Rifki Als, Ipda Hendang Suharto, Aiptu Ujang T. Somantri dan Bripda Rizal Patria. 

Reporter : R-02 | Redaktur : ErEm
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Polda Jabar Nilai Pos Satkamling di Citepus, Hasilnya?

Trending Now

Iklan