Sholat dan Kebahagiaan

KILASINFO.ID
22 November, 2021 | 9:38 AM WIB Last Updated 2021-11-22T02:38:22Z

Rasulullah SAW bersabda :

وَجُعِلَتْ قُرَّةَ عَيْنٍ فِيْ الصَّلَاةِ

"dan telah dijadikan penghibur (penghias) hatiku (kebahagiaanku) pada shalat."
 (HR. An-Nasai  No. 3939, 3940 dan Ahmad No. 14069)

 ☪ Shalat yang dilakukan dengan benar dan ikhlas, akan membuat hati bahagia, jiwa damai, dan menghilangkan kegelisahan hidup. Rasulullah SAW sangat bersungguh-sungguh dalam mengerjakan shalat baik dalam keadaan lapang, maupun saat terhimpit suatu masalah.

 ☪ Shalat adalah tempat hamba mengadu, memohon pertolongan dan hati seorang mukmin akan tenteram ketika shalat. Oleh karena itu, kita diperintahkan Allah SWT untuk memperbanyak doa dan permohonan kepada-Nya dengan shalat ketika jiwa kita galau, cemas, merasa gundah, dan mengalami berbagai kesulitan hidup yang menghimpit.

 🌙 Dari sahabat Hudzaifah RA, ia berkata :
 
"Bila kedatangan masalah, Nabi SAW  mengerjakan shalat."
 (HR. Ahmad dan Abu Dawud)

 ☪ Shalat itu adalah momen terindah pertemuan makhluk dengan Tuhannya. Shalat itu adalah bentuk dialog antara sang ciptaan dan penciptanya. Ketika kita membaca Al Fatihah ayat per ayat bukankah Allah menjawab bacaan kita tersebut? Bukankah dalam sujud, kita bisa merasakan begitu dekatnya kita dengan Allah ?

🌙 Rasulullah Saw. bersabda :
 
"Seorang hamba yang paling dekat dengan Tuhannya adalah ketika ia sedang sujud, maka perbanyaklah doa (dalam sujud)."
 (HR Muslim dan Baihaqi)

 ☪ Kebahagiaan dalam shalat selalu dapat memberikan energi positif dalam kehidupan kita. Pancaran energi kebahagiaan senantiasa mengiringi langkah kita. Maka dari itu, sudah selayaknyalah kita menikmati waktu-waktu shalat kita untuk berkomunikasi dengan Sang Pencipta. Mencurahkan semua kebahagiaan, keluh kesah ataupun rasa syukur yang tak terkira kepada-Nya.

 🌙 Allah SWT berfirman :
 
"Sungguh, Aku ini Allah, tidak ada tuhan selain Aku, maka sembahlah Aku dan laksanakanlah sholat untuk mengingat Aku."
 (QS. Ta-Ha/20, Ayat : 14)

 ☪ Imam Ibnu al-Qayyim mengatakan :

"Shalat termasuk faktor dominan dalam mendatangkan maslahat dunia dan akhirat, serta menyingkirkan keburukan dunia dan akhirat. Ia menghalangi dari dosa, menolak penyakit hati, mengusir kelukaan fisik, menerangi kalbu, mencerahkan wajah, menyegarkan anggota tubuh dan jiwa, dan memelihara kenikmatan, menepis siksa, menurunkan rahmat, dan menyibak tabir permasalahan,"

 ☪ Semoga shalat yang selalu kita lakukan mampu membuat kita menjadi hamba-Nya yang banyak bersyukur, membuat hati lebih tunduk pada Allah SWT dan membersihkan hati dari penyakit hati, sehingga tenang dan damai dalam menghambakan diri pada-Nya.
 
Allahumma aamiin

Semoga Bermanfaat

(ErEm)

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Sholat dan Kebahagiaan

Trending Now

Iklan