Tilep Uang Rp. 545 Juta, Tersangka Mantan Kepala SMKN 4 Sukabumi Dikenakan Pasal Berlapis

KILASINFO.ID
05 November, 2021 | 1:14 PM WIB Last Updated 2021-11-05T06:14:13Z

KILAS INFO ■ Eks Kepala SMKN 4 Kota Sukabumi berinisial DH ditetapkan sebagai tersangka kasus Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) oleh Kejaksaan Negeri (Kejari), pada Rabu (03/11) lalu.

Kasi Intel Kejari Kota Sukabumi, Arif Wibawa, mengatakan bahwa dengan Bukti kuat dari hasil pemeriksaan menunjukkan bahwa DH ditetapkan sebagai tersangka. Akibat perbuatannya DH dikenakan pasal berlapis.

"DH dikenakan pasal 12 huruf E Undang-undang Tipikor dengan ancaman hukuman maksimal 20 tahun penjara, dan denda maksimal Rp. 1 miliar. Serta pasal 8 Undang-undang nomor 31 tahun 1999 tentang Tipikor dengan ancaman hukuman paling lama 15 tahun penjara, dan denda paling banyak Rp. 750 juta," kata Arif, belum lama ini.

Arif menambahkan, motif yang dilakukan DH yaitu dengan memaksa setiap orang tua siswa untuk membayar sejumlah uang sebagai persyaratan kewajiban agar bisa memuluskan untuk kelulusan sekolah. 

DH berdalih dana tersebut digunakan sebagai kunjungan industri yang diwajibkan pihak sekolah, sehingga apabila tidak dilaksanakan akan memiliki konsekuensi ketidaklulusan siswa.

"Awalnya himpunan dana sebesar Rp 545.000.000 tersebut diperuntukkan dalam kegiatan kunjungan industri bagi siswa. Namun pada akhirnya kegiatan tersebut tidak pernah terealisasi dan uang tersebut digunakan untuk kepentingan pribadi," jelasnya.

Lebih lanjut, Arif menambahkan, diketahui sumber dana tersebut merupakan kegiatan kunjungan industri siswa SMKN 4 Kota Sukabumi tahun ajaran 2018/2019.

"Selama 20 hari kedepan DH ditahan dengan pertimbangan objektifitas dan subjektifitas, guna memperlancar jalannnya pemeriksaan," ujarnya.

Kini DH sementara dilakukan penahanan di Rutan Mapolres Sukabumi Kota, sebab ruang isolasi Lapas kelas IIB Nyomplong Kota Sukabumi overcapasity atau kapasitasnya sudah penuh.

Reporter: R-3 | Redaktur : ErEm
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Tilep Uang Rp. 545 Juta, Tersangka Mantan Kepala SMKN 4 Sukabumi Dikenakan Pasal Berlapis

Trending Now

Iklan