Malam Natal, Tim Gabungan TNI-Polri Sukabumi Terjunkan Pengamanan Gereja

KILASINFO.ID
24 Desember, 2021 | 4:15 PM WIB Last Updated 2021-12-24T09:15:17Z

KILAS INFO ■ Sukabumi - Jelang malam natal, hari ini (24/12), Tim Gabungan dari personil TNI-Polri Kabupaten Sukabumi akan diterjunkan guna pengamanan Gereja dan obyek vital lainnya, termasuk membentuk satuan tugas (Satgas) penanganan covid-19 khusus di gereja.

Kapolres Sukabumi Kota AKBP SY. Zainal Abidin memastikan bahwa menghadapi perayaan Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2022, Polres Sukabumi Kota akan menerjunkan ratusan personel gabungan. 

Pengamanan juga bagian dari Operasi Lilin Lodaya 2021 dengan pos penjagaan di Terminal Tipe A, Jalan Lingkar Selatan Kelurahan Sudajaya Hilir Kecamatan Baros, Kota Sukabumi.

Menurut Zainal Abidin, sebanyak 525 personel dilibatkan dalam Operasi Lilin Lodaya 2021, diantaranya 325 personel dari Polres Sukabumi Kota, dan 200 personel gabungan TNI serta instansi terkait lainnya.

"Hari ini kami dari unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kota Sukabumi, melaksanakan kegiatan Apel Gelar Pasukan Ops Lilin Lodaya 2021. Ini menunjukan kesiapan kami dalam rangka kegiatan pengamanan Nataru," kata Zainal kepada awak media, usai melakukan apel gelar pasukan.

Ia menambahkan, pihaknya membentuk satuan tugas (Satgas) penanganan covid-19 khusus di gereja, hal itu merupakan tindak lanjut dari surat edaran Kementerian Agama nomor 33 tahun 2021 yang mengatur masalah kegiatan natal, karena masih dalam masa pandemi covid-19. Kemudian terkait dengan kegiatan perayaan tahun baru maka kemudian kami mengacu pada Inmendagri nomor 66 tahun 2021.

"Selain itu akan dilakukan juga penutupan dialun-alun saat perayaan tahun baru, yang berbentuk kerumunan semuanya dilarang mulai dari 31 Desember 2021 hingga 1 Januari 2022. Antisipasi kerawanan saat pelaksanaan Operasi Lilin Lodaya 2021 saat ini yang pertama yaitu pada kegiatan natal, dan yang kedua pada kegiatan perayaan tahun baru," jelasnya.

Adapun pengamanan tahun ini pihkanya menggelar satu pos terpadu kemudian enam pos pengamanan (pospam) dan lima pos pelayanan, dimana pos pelayanan didirikan ditempat-tempat yang dinilai terjadi kerumunan masyarakat diantaranya di tempat wisata, kemudian di terminal. Dalam kegiatan pelayanannya ini, pihaknya sudah bekerjasama dengan unsur Forkopimda Kota Sukabumi akan menyediakan pelayanan vaksinasi, termasuk juga rapid antigen yang sifatnya random terhadap masyarakat yang datang ke pos pelayanan.

"Operasi Lilin Lodaya 2021 yang dilaksanakan oleh jajarannya tidak lain dalam rangka menciptakan kondusifitas diwilayah Hukum Polres Sukabumi Kota," pungkasnya. (R-03/ErEm)


Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Malam Natal, Tim Gabungan TNI-Polri Sukabumi Terjunkan Pengamanan Gereja

Trending Now

Iklan