Sederet Upaya Dinas Pariwisata Hadapi Nataru

KILASINFO.ID
26 Desember, 2021 | 10:30 PM WIB Last Updated 2021-12-26T15:30:44Z

Kilasindo.id, SUKABUMI - Dinas Pariwisata (Dispar) Kabupaten Sukabumi, berupaya ikut serta menekan penyebaran Covid-19. Terutama di objek wisata yang berpotensi berkumpulnya masyarakat, terutama pada momentum libur Natal dan Tahun Baru 2022 (Nataru). 

Kabid Destinasi Wisata Baru pada Dinas Pariwisata Kabupaten Sukabumi, Ujang Burdah mengatakan, sebelumnya jelang Nataru, pihaknya sudah mengimbau pada masyarakat untuk melakukan vaksinasi sebelum berwisata atau berlibur. Satu di antaranya dengan memasang sejumlah spanduk bertulisan "Teu Vaksin Teu Ulin". 

"Spanduk bertuliskan "Teu Vaksin Teu Ulin" kami pasang di beberapa lokasi destinasi wisata yang berada di Kabupaten Sukabumi. Hal ini juga sesuai dengan arahan Gubernur Jawa Barat (Jabar) pak Ridwan Kamil," ujar Ujang Minggu (26/12). 

Selain itu, Dinas Pariwisata juga bekerja sama dengan labolatorium kesehatan (Labkes) Jawa Barat dan Dinas Pariwisata Jawa Barat untuk melakukan test swab gratis kepada wisatawan di destinasi wisata Karang Hawu Kecamatan Cisolok. 

"Tanggal 25 Desember 2021, kami buka test swab gratis bagi pengunjung di Karang Hawu, kemudian tanggal 26 di Situgunung Kadudampit, dan 30 Desember nanti di objek wisata pesisir Pantai Citepus Palabuhanratu," ucapnya. 

Lanjut Ujang Burdah, selain itu pihaknya membagikan puluhan ribu lembar masker gratis kepada wisatawan di sejumlah objek wisata pantai. Antara lain di pantai Karang Hawu, Istana presiden, Pantai Istiqomah, Cibangban, Situgunung, Cinumpang, dan kisaran pantai Citepus. 

"Dalam dua hari ini kami juga telah membagikan ribuan lembar masker gratis kepada wisawatan di berbagai destinasi wisata dengan membagi dua wilayah, Utara dan Selatan Sukabumi," tandasnya. 

Kasi Destinasi Wisata Baru Riky Agus Ramdhan menambahkan, tidak hanya itu pihaknya juga telah memasang barcode aplikasi "PeduliLindungi", di beberapa lokasi wisata. Sehingga jika ada wisatawan yang belum divaksin akan diarahkan ke gerai vaksin yang didirkan Polres Sukabumi, Polsek, dan Kecamatan. 


"Di area destinasi wisata ada ruang untuk para pengunjung dan di samping kami pasang barkode aplikasi "PeduliLindungi". Kami arahkan yang belum divaksin atau mau divaksin kedua ke gerai vaksin. Ada petugas dari Polres, Polsek, Kecamatan, Desa dan Dispar Kabupaten Sukabumi, di sana. Layanan vaksin tersebut gratis," ungkapnya. 

Bahkan bagi yang divaksin di gerai vaksin ada bingkisan dari Polres Sukabumi. Ia juga mengucapkan terima kasih kepada semua pihak, baik TNI, Polri, Basarnas dan yang tidak bisa disebutkan satu persatu bersinergi dalam menghadapi Nataru. 

"Kami ucapkan banyak terima kasih kepada semua pihak atas sinergitas yang telah terbangun dengan baik. Mudah-mudahan kondisi Indonesia semakin membaik dan pandemi Covid-19 berakhir," pungkasnya. (R-02)
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Sederet Upaya Dinas Pariwisata Hadapi Nataru

Trending Now

Iklan