Selama Desember 2021, Polres Sukabumi Kota Ungkap 4 Kasus Pencabulan

KILASINFO.ID
31 Desember, 2021 | 3:35 AM WIB Last Updated 2021-12-30T20:35:28Z

KILASINFO.ID, Sukabumi - Satuan Reskrim (Sat Resktim) Polres Sukabumi Kota mengungkap tersangka 4 kasus pencabulan anak dibawah umur di wilayah hukum Polres Sukabumi Kota. 4 kasus dengan 4 tersangka yang berhasil diungkap selama Desember 2021 itu sempat mendapat sorotan publik cukup luas. Dari sebanyak laporan polisi (LP) 4, jumlah tersangka yang diamankan itu berinisial O alisan M (71), S alian UC (62) YS (59), dan AR (31).

Kapolres Sukabumi Kota AKBP SY. Zainal Abidin mengatakan, untuk kasus yang pertama adalah persetubuhan anak di bawah umur atau perbuatan cabul yang terjadi pada bulan Mei di Kecamatan Cikole, Kota Sukabumi. Polisi berhasil mengamankan O alias M (71).

"Total korban berjumlah 4 orang dengan modus operandi, tersangka meraba-raba bagian vital korban perempuan lainnya yang merupakan adik perempuan pelapor," kata Zainal kepada awak media saat melakukan konferensi pers di Aula Rekonfu Mapolres Sukabumi Kota, pada Kamis (30/12).

Lalu kasus kedua, perbuatan cabul terhadap anak di bawah umur yang terjadi pada Minggu, 26 Desember 2021 di wilayah Kecamatan Citamiang, Kota Sukabumi. Polisi berhasil mengamankan S alias UC (62).

"Modus operandi, tersangka mengiming-iming uang dengan syarat korban mau diraba-raba tubuhnya, setelah itu korban dicium pipinya dan meraba-raba alat vital. Setelah selesai melakukan aksinya, tersangka lalu mengancam korban agar tidak bilang ke orang lain dan memberikan Rp 5.000," jelasnya.

Pada kasus ketiga yakni persetubuhan anak di bawah umur atau perbuatan cabul yang terjadi pada Selasa, 7 Desember 2021 di Kecamatan Warudoyong, Kota Sukabumi. Polisi berhasil mengamankan YS (59). 

"Modus operandi yang dilakukan tersangka adalah ketika mengantar ibu korban, tersangka pura-pura akan ke bengkel sambil menunggu ibu korban. Akan tetapi ternyata tersangka kembali ke rumah dan memaksa korban yang merupakan anak kandungnya sendiri melakukan pencabulan. Sebelumnya korban sudah 3 kali disetubuhi," bebernya.

Dan kasus terakhir adalah perbuatan cabul terhadap anak di bawah umur yang terjadi pada Senin, 6 Desember 2021 di Kecamatan Sukabumi, Kabupaten Sukabumi. Polisi berhasil mengamankan AR (31).

"Kasus ini terjadi saat korban main ke rumah tersangka dan bermain handphone dengan adik tersangka. Setelah itu tersangka tiduran di samping korban dan memasukkan tangannya ke dalam kemaluan korban kurang lebih 1 menit," tuturnya.

Akibat perbuatannya para pelaku dikenakan pasal 81 dan atau pasal 82 Undang-undang nomor 17 tahun 2016 tentang penetapan peraturan pemerintah pengganti Undang-undang nomor 1 tahun 2016 tentang perubahan kedua atas Undang-undang Republik Indonesia nomor 23 tahun 2002 tentang perlindungan anak menjadi Undang-undang dengan ancaman hukuman maksimal 15 tahun penjara.

"Hal ini harus menjadi perhatian bagi semua masyarakat, karena dari keempat kasus tersebut ada yang terjadi di sekitar keluarga dalam satu tempat tinggal," tandasnya. (R-03)

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Selama Desember 2021, Polres Sukabumi Kota Ungkap 4 Kasus Pencabulan

Trending Now

Iklan