Tim Jibom Polda Jabar Sterilkan 18 Gereja Di Sukabumi

KILASINFO.ID
25 Desember, 2021 | 9:08 AM WIB Last Updated 2021-12-25T02:08:52Z

KILAS INFO ■ Menjelang perayaan natal oleh umat Kristiani, Polres Sukabumi Kota mendatangkan tim Penjinak Bom (Jibom) dari Gegana Brimob Polda Jabar untuk membantu melakukan sterilisasi di beberapa gereja yang ada di wilayah hukum Polres Sukabumi Kota, pada Jumat (24/12).

Tim Jibom Polda Jabar tersebut langsung melakukan penyisiran serta sterilisasi ke sejumlah gereja yang nantinya akan dipergunakan untuk perayaan natal, seperti halnya gereja HKBP, gereja Sidang Kristus, gereja Katolik Santo Yoseph, gereja Kristen Pasundan, gereja GKI Jabar, dan Gereja GKI Penginjil.  

Dari informasi yang berhasil dihimpun, sterilisasi gereja menjelang perayaan natal tersebut memang kerap dilakukan oleh Polres Sukabumi Kota guna memastikan situasi kamtibmas yang kondusif, baik itu sebelum hingga sesudah perayaan natal usai.

Kabag Ops Polres Sukabumi Kota Kompol Gito mengatakan, bahwa untuk keamanan serta kenyamanan umat Kristiani beribadah, pihaknya berkoordinasi dengan tim Jibom Brimob Polda Jabar untuk melakukan sterilisasi di 18 gereja yang ada di wilayah hukum Polres Sukabumi Kota. “Dalam rangka Operasi Lilin Lodaya 2021, tentunya kami ingin memastikan bahwa pelaksanaan ibadah umat Kristiani pada esok hari, hari puncaknya itu aman, sehingga kami telah berkoordinasi dengan jajaran Brimob untuk melakukan sterilisasi tempat-tempat ibadah,” kata Kompol Gito kepada awak media. 

Selain itu, masih kata Kompol Gito, langkahnya mendatangkan tim Jibom dari Brimob tersebut merupakan salah satu tindakan pencegahan terhadap aksi teror yang mungkin saja terjadi. “Tentunya ini menjadi upaya pencegahan dan mendeteksi apabila ada aksi-aksi teror yang mungkin terjadi di malam natal” ujar Kompol Gito,” ungkapnya.

Sementara dari hasil yang dilakukan sterilisasi sampai saat ini untuk wilayah Kota Sukabumi masih dalam keadaan aman dan kondusif. Pada operasi Lilin Lodaya 2021 ini, Polres Sukabumi Kota pun turut mengerahkan 420 kekuatan yang tersebar di 12 Pospam dan 18 Pos gereja, yang mana selama 1x24 jam pihaknya jaga dengan baik. “Jadi setiap gereja itu pasti ada yang melaksanakan pengamanan yang kita sesuaikan dengan jumlah jamaah yang akan diperkirakan hadir, sehingga 24 jam, mereka juga tidur di gereja untuk mengamankan sampai dengan berakhirnya operasi Lilin Lodaya 2021," pungkasnya. (R-03)

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Tim Jibom Polda Jabar Sterilkan 18 Gereja Di Sukabumi

Trending Now

Iklan