11 Komunitas Relawan Kemanusiaan Ikut Latihan Siaga Bencana BPBD Kota Sukabumi

04 Januari, 2022 | 1:02 PM WIB Last Updated 2022-01-04T06:39:53Z
KILASINFO.ID, Sukabumi – 11 komunitas relawan kemanusiaan dilatih aksi siaga bencana oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Sukabumi, di kantor BPBD Kota Sukabumi, Jalan Letda T. Asmita, Kelurahan Gedongpanjang, Kecamatan Citamiang, sukabumi Kota, jawa barat.

Kepala Pelaksana (Kalak) BPBD Kota Sukabumi  Imran Wardhana mengatakan, Kegiatan pelatihan aksi siaga bencana pada masa Natal 2021 dan Tahun Baru 2022 kepada 11 komunitas relawan kemanusiaan diantaranya PMI, TAGANA, Sigab Persis, Bonyoks, Simpel, BKPB-PP, ACT Sukabumi, TBM, Siaga Sargurila, Saka Wira Kartika, TRC Gema Keadilan.

"Ini adalah kegiatan aksi siaga bencana pada masa Nataru. Kebetulan kita mulai kegiatan ini dari tanggal 23 Desember 2021, hingga 3 Januari 2022," kata Imran, Selasa (04/01/2022).

Imran menjelaskan, pihaknya sudah banyak memberikan pelatihan kepada 19 orang dari 11 komunitas relawan tentang peralatan-peralatan keselamatan dan orientasi tentang kebencanaan. Selain teori juga dilakukan praktek.

"Mereka sekarang itu sudah masuk tergabung dalam pojok relawan. Bertambahnya sumber daya manusia (SDM), potensi penanggulangan bencana di Kota Sukabumi pun naik juga," ujarnya.

Masih kata Imran, pihaknya akan terus berusaha meningkatkan kapasitas kemampuan dari para relawan yang ada, karena para relawan yang nantinya menjadi garda terdepan ketika saat terjadinya penanganan penanggulangan bencana.

"Mereka akan selalu hadir untuk membantu kita, dan juga sebagai agen-agen kita, memberikan informasi adanya lokasi kejadian khususnya di wilayah Kota Sukabumi," ungkapnya.

Diharapkan kedepan, lanjut Imran, nantinya para relawan ini bisa merespon cepat dan tepat. Jadi setiap ada kejadian bencana pihaknya bisa merespon, pencarian pertolongan, evakuasi, dan penyelamatan. Setelah itu baru pasca bencananya, dengan bersama-sama merehabilitasi seperti apa untuk perbaikan konstruksi dan lain-lainnya, kalau secara bersama-sama itu tentunya akan lebih ringan.

"Ya betul mereka itu kita ajarkan dan kita libatkan, termasuk hari ini mereka terakhir standby di kita bagaimana piket itu seperti apa disini untuk merasakan, juga supaya lebih akrab di lingkungan kantor kita, jadi mereka itu seperti anak yang baru lahir dengan basisnya ke relawanan," pungkasnya. 

- R3.
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • 11 Komunitas Relawan Kemanusiaan Ikut Latihan Siaga Bencana BPBD Kota Sukabumi

Trending Now

Iklan