28 Santri dan 2 Ustadz di Caringin Sukabumi Alami Keracunan Makanan

23 Januari, 2022 | 6:54 PM WIB Last Updated 2022-01-23T11:55:42Z


KILASINFO.ID, Sukabumi - Insiden keracunan massal akibat makanan terjadi di lingkungan Khalifah Boarding School, di Desa Cijengkol, Kecamatan Caringin, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, pada Minggu (23/01) sekira pukul 08.00 WIB. 

Sebanyak 28 santri dan 2 ustadz mengalami gejala keracunan setelah menyantap makan yang diberikan pada Sabtu, (22/01) malam. Korban yang mengalami keracunan tersebut lalu diberikan perawatan medis di aula sekolah.

Informasi dari Petugas Penanggulangan Bencana Kecamatan (P2BK) Caringin, Ahmad Badrujaman, mengatakan kronologi kejadian berawal dari 80 santriawan dan santriwati melaksanakan makan malam di ruang makan.

"Sekira pukul 21.30 WIB mulai ada santri yang merasakan keluhan mual, pusing, dan buang air besar," ujar Ahmad.

Lanjut Ahmad menambahkan, pada Minggu (23/01) pukul 05.30 WIB, kepala sekolah Khalifaj Boarding School, Hendra berkoordinasi dengan Kepala Puskesmas Caringin, Ade Rahman.

"Sekira pukul 08.00 WIB, petugas Puskesmas Caringin tiba di lokasi untuk melakukan evakuasi dan penanganan kepada santri yang mengalami keluhan," jelas Ahmad.

Lebih lanjut Ahmad menambahkan hingga pukul 10.30 WIB, tercatat 30 orang mendapat perawatan di aula Khalifah Boarding School. Korban dari santri sebanyak 28 orang, sedangkan 2 orang dari ustaz pengajar.

"Pihak Khalifah Boarding School, Puskesmas Caringin melakukan pendataan dan pemeriksaan sesuai SOP terkait sample bahan makanan, berupa sayur sawi, telur, tahu, ikan tongkol, dan nasi. Lalu air konsumsi galon dari depot dan air bersih dari sumber sumur gali," tutur Ahmad.

Sementara itu Pihak Puskesmas Caringin melakukan tindakan perawatan di dalam aula Khalifah Boarding School dengan memberikan Zink, Norit, Oralit dan Infus.

"Pukul 11.00 WIB seluruh korban gelaja keracunan masih dalam penanganan penyembuhan yang ditangani oleh Puskesmas Caringin, sebanyak 26 orang diinfus," pungkasnya. 


- R3.
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • 28 Santri dan 2 Ustadz di Caringin Sukabumi Alami Keracunan Makanan

Trending Now

Iklan