Gotong Royong Bersihkan Lingkungan Cegah DBD

25 Januari, 2022 | 8:49 PM WIB Last Updated 2022-01-25T13:50:17Z


KILASINFO.ID, Sukabumi - Cegah merebaknya wabah Demam Berdarah Dengue (DBD) jelang pergantian iklim, masyarakat dan Babinsa serta Karang Taruna melakukan giat gotong-royong bersih-bersih lingkungan di Kampung Rawa Gede, RT 02/05 Kelurahan Cikundul, Kecamatan Lembursitu, Kota Sukabumi, Jawa Barat, pada Selasa (25/1/2022).

Gotong-royong bersih-bersih lingkungan melibatkan puluhan orang dan mendapatkan dukungan serius dari pemerintah Kelurahan Cikundul sekaligus sebagai upaya pemerintah dan masyarakat dalam mencegah datangnya wabah DBD jelang pergantian iklim. 

"Kegiatan tadi dapat dukungan dari Puskesmas serta pihak Kelurahan Cikundul. Prioritas kegiatan tadi merupakan membersihkan parit, genangan air, saluran drainase," ujar  Sertu Rushidayat Babinsa Kelurahan Cikundul. 

Rushidayat menambahkan, untuk selanjutnya dihimbau kepada masyarakat agar mau membersihkan bak mandi dan mengubur seperti kaleng bekas minuman supaya tidak di genangi air yang dapat memicu jentik nyamuk aedes aegypti bersarang.

"Saya ucapkan terimakasih atas apresiasi masyarakat yang begitu antusias dalam pelaksanaan gotong-royong ini. Kegiatan ini digagas merupakan bentuk memotivasi agar terus peduli terhadap kesehatan. Ini cerminan dan harus menjadi inspirasi kedepan agar lingkungan tetap sehat dan terhindar dari wabah yang membahayakan ini," ujarnya.

Kegiatan yang diikuti masyarakat di Kelurahan Cikundul pun secara ketat tetap mengikuti protokol kesehatan (prokes) covid-19. Selain sudah di anjurkan pihak pemerintah, hal itu sebagai ikhtiar dalam memutus mata rantai penyebaran virus covid-19.

Sementara itu, Kepala Puskesmas Cikundul Dadang menjelaskan, beberapa pekan lalu didapati ada salah satu warga ke RW an 5 Rawa Gede ada yang terjangkit demam berdarah dengue DBD. Namun, kini kondisinya sudah pulih atas penanganan medis rumah sakit.

"Masyarakat yang terjangkit langsung mendapatkan penanganan dan saat ini kondisinya sudah sembuh. Kami bersama pemerintah kelurahan langsung terjun ke lokasi melakukan peninjauan serta memberikan obat jenis serbuk abate kepada masyarakat guna meminimalisir terjadi wabah yang membahayakan," pungkasnya. 

- R3.
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Gotong Royong Bersihkan Lingkungan Cegah DBD

Trending Now

Iklan