HM. Agus Mulyadi Dorong Cidahu Sukabumi Jadi Kawasan Desa Pariwisata

29 Januari, 2022 | 4:09 PM WIB Last Updated 2022-01-29T13:50:47Z

 


KILASINFO.ID, Sukabumi - Reses ke l anggota DPRD Kabupaten Sukabumi tahun Anggaran 2022 di daerah pemilihan (Dapil ll), H.M.Agus Mulyadi,SE.MH. dialog dengan konstituennya untuk menampung aspirasi dari Masyarakat Cidahu di Balai Sawala Kampung Cidahu RT.7/1, Desa/Kecamatan Cidahu, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, Dorong Potensi Wisata di desa Cidahu, Sabtu, (29/1/2022). 

Usai dialog dengan konstituennya Anggota DPRD Kabupaten Sukabumi H.M. Agus Mulyadi, SE. MH, hasil dari reses, ada beberapa aspirasi yang disampaikan Masyarakat desa Cidahu, 

tentang sarana, balai latihan kerja, jalan, saluran air yang rusak. 

"Tetapi yang lebih banyak tadi kita diskusi tentang pengembangan desa wisata Cidahu untuk mengembangkan kawah ratu dan Curug sawer, kita arahkan mulai tahun ini dibuat program prioritas pembangunan untuk menuju ke desa wisata karena itu harus dimulai program di desa lalu pengembangan di masyarakatnya seperti apa,"Jelas Agus seraya bertanya. 

Dikatakan Agus, sebetulnya program wisata itu sudah lama sekali, saya dulu waktu masih pimpinan DPRD juga sudah melemparkan itu hanya waktu itu sempat terkendala dan belum nyambung,"ungkapnya.

Hari ini masyarakat baru menyadari bahwa ternyata potensi besar kawah ratu dan Curug sawer banyak dikembangkan oleh swasta dan ini sebetulnya peluang yang harus dikembangkan oleh masyarakat dengan meminta dukungan dari perusahaan yang ada yaitu Javanaspa, hejo farm untuk menjadi bapak asuh pengembangan pariwisata di desa Cidahu.

Tahap awal meminta tahun 2022 untuk dibuatkan rencana besar master plane dari pemerintah desa menganggarkan sebesar 20 atau 15 juta untuk membuat perencanaan baru tahun berikutnya. 



Pengembangan sumberdaya manusia(SDM) melalui pelatihan di BLK  yang ada di desa Cidahu. BLK pertama dari mempersiapkan untuk masyarakat industri, banyak perempuan tetapi tidak mempunyai kemampuan menjahit sehingga meminta kebutuhan mesin, kedua kebutuhan sanggar seni dan budaya ada pencak silat dan lain sebagainya. 

" Artinya kami mengarahkan konsep ini harus dimasukkan ke dalam program perkembangan desa dan kami mau mendampingi selama masyarakatnya konsisten ingin berkembang dengan konsep yang sudah terencana artinya karena ini konsep besar yakni, pengembangan desa wisata harus ada konsistensi dari pengembangan tokoh masyarakat yang ada,"pungkasnya Agus. 

Sementara Kepala Desa Cidahu Asep Saepul Parlan mengatakan, Pengembangan potensi pariwisata di kawasan Desa Cidahu harus benar-benar harus mendapatkan dukungan dari semua masyarakat. 

" karena masyarakat menerima manfaat potensi wisata itu, Insyaallah konsep kami pertama di tahun 2022 akan mengembangkan Curug sawersawer,  kedua mudah-mudahan kita dapat mengembangkan taman Cidahu. 

Pihaknya mengatakan, dengan adanya potensi wisata-wisata yang dikelola oleh Desa, setidaknya disitu ada hasil Peades  desa  untuk kesejahteraan masyarakat dan parameter ada di pemberdayaan kesehatan, pelayanan pendidikan dan lainya. 

" Insyaallah, kami mohon dukungan dari masyarakat,  karena posisi wisata akan maju tergantung kembali  kesadaran dari masyarakat itu sendiri," tandasnya.


- Rc

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • HM. Agus Mulyadi Dorong Cidahu Sukabumi Jadi Kawasan Desa Pariwisata

Trending Now

Iklan