Inspeksi Keselamatan Kendaraan, Dishub Dan Polres Lakukan Ini

29 Januari, 2022 | 4:01 PM WIB Last Updated 2022-01-29T17:07:00Z

 


KILASINFO.ID- Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Sukabumi bersama Polres Sukabumi inspeksi puluhan kendaraan angkutan barang di Terminal Benda, Kecamatan Cicurug, Jumat, 28 Januari 2022. Kendaraan yang di inspeksi terutama Angkutan barang yang bersumbu tiga ke atas dari arah Bogor menuju Sukabumi. 

Kadishub Kabupaten Sukabumi Dedi Chardiman mengatakan, inspeksi kendaraan tersebut unyuk memastikan keselamatan LLAJ (ramp check). Hal itu agar kendaraan angkutan barang yang menuju ke Sukabumi, dalam keadaan laik jalan. Sehingga, bisa mengantisipasi potensi kecelakaan.

"Uji kelayakan kendaraan biasanya dilakukan di dinas (Dishub Kabupaten Sukabumi) melalui KIR. Namun kemarin, kita lakukan di Terminal Benda dengan menghadirkan tenaga ahli. Ini semua demi mengantisipasi kecelakaan, sehingga kelaikan kendaraaan, khususnya sumbu tiga ke atas kita cek," ujarnya, Sabtu, 29 Januari 2022. 



Selama kegiatan berlangsung, terdapat 24 kendaraan sumbu tiga ke atas yang berhasil diperiksa. Kendaraan tersebut terdiri dari berbagai jenis. 

"Sebanyak 6 unit kendaraan berjenis boks, 4 unit kendaraan peti kemas, 7 unit kendaraan air mineral, 5 unit kendaraan semen, dan 2 unit kendaraan pakan ternak," ucapnya.

Berdasarkan hasil pemeriksaan, semua kendaraan dinyatakan laik jalan. Sebab, semua fungsi kendaraan berjalan baik.

"Dari mulai fungsi rem, sistem kemudi, dan alat pengukur kecepatan bekerja dengan baik," ungkapnya.


Berkaitan kelaikan kendaraan, dirinya berpesan agar rutin dicek. Terutama dari sisi pengeremen dan kondisi ban. 

"Kepada para pengguna kendaraan, saya mengimbau untuk memeriksa kondisi kendaraan sebelum berangkat. Jangan sampai, kendaraan tidak laik masih dipaksa untuk jalan," pungkasnya.

Sumber : DKIP

Redaksi_

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Inspeksi Keselamatan Kendaraan, Dishub Dan Polres Lakukan Ini

Trending Now

Iklan