Kapala DKP Kabupaten Sukabumi Resmikan LPM Gapoktan Mandiri Cipanengah

27 Januari, 2022 | 3:30 PM WIB Last Updated 2022-01-27T08:31:50Z
Kepala Dinas Ketahanan Pangan (DKP) Kabupaten Sukabumi  Ir. H. Dana Budiman Menyaksikan penggilingan padi di Lumbung Pangan Masyarakat (LPM) Gapoktan Mandiri Cipanengah, Kecamatan Bojong genteng, 
Kamis, (27/1/2022). Foto : Rc

KILASINFO.ID, Sukabumi - Kepala Dinas Ketahanan Pangan (DKP) Kabupaten Sukabumi resmikan Lumbung Pangan Masyarakat (LPM) dan penggilingan padi bantuan dari Menteri Pertanian melalui DKP Kabupaten Sukabumi, untuk Gapoktan Mandiri Cipanengah, Kampung Tapos RT 03/04, Desa Cipanengah, Kecamatan Bojong genteng, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, Kamis, (27/1/2022). 

Informasi yang di himpun Kilasinfo.id, Pembangunan Lumbung Pangan Masyarakat dan penggilingan padi dengan bangunan ukuran 16 X 9 meter serta mesin penggilingan padi di bawah naungan Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) Mandiri yang di biayai oleh Dana Alokasi Khusus (DAK) tahun 2021.

LPM Gapoktan Mandiri langsung di resmikan oleh Kepala Dinas Ketahanan Pangan (DKP) Ir. H. Dana Budiman dihadiri oleh Sekdis DKP H. Agung Gunawan, Anggota DPRD Kabupaten Sukabumi Muhammad Yusuf, Camat Bojong genteng, Kapolsek Bojong genteng, Danramil 0607-12/Parungkuda, Perwakilan dari Perkim, Petugas BPP, Kepala Desa Cipanengah serta para undangan. 

Usai gunting pita Kepala Dinas Ketahanan Pangan Ir. H. Dana Budiman langsung menyaksikan bahkan turut dalam proses, menuangkan beras ke mesin pembersih bersama kelompok tani. 
Kepala Dinas Ketahanan Pangan (DKP) Ir. H. Dana Budiman menyampaikan, Dengan di resmikannya lumbung pangan masyarakat (LPM) ini bukan hanya menjadi lumbung padi saja namun bisa untuk hasil pertanian lainnya seperti palawija. 

" Saya belum lihat secara langsung hasil panennya tetapi saya rasa itu akan memuaskan hasilnya, Alhamdulilah hari ini kita semua bisa menyaksikan peresmian lumbung pangan masyarakat di Desa Cipanengah Kecamatan Bojong genteng, Kabupaten Sukabumi," ujar Budiman. 

Lebih lanjut Budiman, Bantuan dari pemerintah ini melalui Badan ketahanan Pangan Kementrian Pertanian dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya oleh kelompok tani yang ada di sini yaitu Gapoktan Mandiri. 

" Lumbung Pangan Masyarakat (LPM) ini untuk menampung gabah-gabah yang ada di sentra produksi dan bisa nanti diupayakan untuk penanganan pangan di Kecamatan Bojong genteng maupun di daerah Cipanengah,"tuturnya.

Menurutnya, dengan adanya LPM ketahanan pangan bisa diakses masyarakat. Juga ini nanti untuk menampung produk-produk atau hasil dari pertanian masyarakat yang memang perlu disimpan nanti dikeluarkan misalnya ketika ada rawan pangan atau ada pangan yang dibutuhkan di pasar Kabupaten sukabumi. 

" Kalau gudang memang masih memungkinkan bisa untuk menyimpan hasil Pertanian lainnya, seperti jagung dan komoditi pangan lainnya," Jelasnya. 

Pihaknya berharap, bantuan dari pemerintah ini melalui badan Ketahanan Pangan Kementrian Pertanian dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya oleh kelompok tani yang ada di sini yaitu Gapoktan Mandiri. 

Sementara Ketua Gapoktan Mandiri Cipanengah, Ujang Juanda mengatakan, Hari ini dilaksanakan peresmian lumbung pangan masyarakat, serah terima dari pihak Pemerintah untuk Gapoktan Mandiri. 

"untuk gudang ini bisa menampubg 40-60 ton gabah kering, dari 8 kelompok tani di Cipanengah dari 21 RT," ujarnya. 

Mudah-mudahan ke depannya memperingan masyarakat khususnya anggota, untuk memudahkan aktivitas, mengurangi biaya ongkos angkut. 

" Alhamdulillah tempatnya strategis.
mengenai adanya LPM disini alhamdulilah memudahkan masyarakat Cipanengah terutama yang daerah sini untuk mengurangi biaya angkut,"ucapnya.

Iapun menambahkan, hasil padi dari sawah yang berada di Cipanengah, Alhamdulillah di Cipanengah ini cukup bagus di Kecamatan Bojonggenteng, bisa menghasilkan 5 Ton perhektar,"tandasnya.

"Alhamdulilah kita bisa melaksanakan peresmian fasilitasi Lumbung Pangan Masyarakat yang berada di Desa Cipanengah Kecamatan Bojonggenteng, selain peresmian lumbung pangan sekaligus serah terima secara simbolis dari Dinas Ketahanan Pangan untuk kegiatan penunjang di LPM ini," Rendi Novandrian, Kepala BPP Bojong genteng. 

Harapan kami dengan adanya fasilitas Lumbung Pangan bisa meningkatkan kesejahteraan petani baik dari produksi padi, penggilingan dan salah satunya kita bisa memangkas biaya produksi untuk budidaya padi.

- Rc
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Kapala DKP Kabupaten Sukabumi Resmikan LPM Gapoktan Mandiri Cipanengah

Trending Now

Iklan