Kasus Kecelakaan Lalin di Kota Sukabumi Tahun 2021 Cenderung Meningkat Dari Tahun Sebelumnya

04 Januari, 2022 | 11:51 PM WIB Last Updated 2022-01-04T18:59:11Z
KILASINFO.ID, Sukabumi - Berdasarkan data dari Unit Gakkum Satlantas Polres Sukabumi Kota, jumlah Kecelakaan Lalu Lintas priode Januari-Desember 2021 mengalami peningkatan dari tahun sebelumnya.

Saat ditemui Kilas info.id, di ruang kerjanya Kanit Laka Polres Sukabumi Kota, IPDA Jajat Munajat mengatakan, Sesuai data kecelakaan pada 2020 tercatat ada 102 kecelakaan lalu lintas, dari jumlah tersebut 45 orang meninggal dunia, 1 orang luka berat dan 126 orang luka ringan, kerugian materi mencapai Rp. 162.650.000. Selanjutnya pada 2021, tercatat ada 117 kecelakaan lalu lintas. Akibatnya 51 orang meninggal dunia, luka ringan 116 orang, dan kerugian materi mencapai Rp. 179.300.000.

"Jadi di tahun 2021 cenderung lebih meningkat seiring dengan kegiatan dan aktivitas masyarakat yang menggunakan jalan raya, karena mungkin pandemi ini sudah melandai, sehingga disaat situasi arus lalu lintas ada peningkatan, secara otomatis kerawanan kecelakaan pun menjadi lebih meningkat," Jelas Jajat, Selasa (04/01/2022).

Lebih lanjut Jajat menambahkan, rata-rata faktor kecelakaan yang terjadi di wilayah hukum Polres Sukabumi Kota masih tetap didominan oleh human error atau kesalahan manusia.

"Faktor kecelakaan mungkin dari sifat manusiawi yang timbul, baik itu pada saat kelelahan yang di paksakan, kemudian juga sifat egois dari diri masing-masing pada saat mengendarai kendaraan roda 2 atau roda 4, sehingga merasa bahwa dia lebih hak untuk mendapatkan prioritas, dan itulah salah satu yang menimbulkan kerawanan dan kejadian kecelakaan lalu lintas," ujarnya.

Pihaknya menyarankan, kepada seluruh masyarakat Kota Sukabumi agar dalam mensikapi situasi saat ini tetap berhati-hati, lebih fokus, dan yang utama tetap mematuhi protokol kesehatan (prokes), karena pandemi covid-19 masih ada. Dan tentunya dalam masa transisi peralihan ini agar semua pengendara baik kendaraan roda 2 maupun  roda 4 tetap berhati-hati di jalan, karena faktor dari kelalaian manusia yang menjadi utama di dalam kejadian atau kecelakaan lalu lintas.

"Kami sarankan kepada seluruh masyarakat, tetap berhati-hati, lebih fokus, dan yang utama tetap mematuhi prokes. Karena kita yakin bahwa pandemi covid-19 masih ada di sekitar kita, namun demikian bukan hanya tergantung pada covid-19, tapi untuk secara keseluruhan apabila kita tetap menjaga prokes, kita berharap bisa kembali menjalani kehidupan yang lebih normal, karena sekali lagi faktor dari kelalaian manusia menjadi faktor utama," Ujarnya. 

Lanjut Jajat, Sebagai bandingan, kecelakaan lalu lintas yang terjadi di Kota Sukabumi ini tetap didominasi oleh kendaraan roda 2, karena jika dibandingkan dengan kendaraan roda 4 itu, 3 dibanding 1.

"Untuk di wilayah Kota Sukabumi baik dari tahun 2020 dan 2021 sebagai bandingan itu tetap didominan kendaraan roda 2, karena kita juga sadari bahwa pengguna roda 2 ini sangat-sangat luar biasa banyak sekali dibandingkan dengan kendaraan roda 4 mungkin berbanding sekitar 3 dibanding 1, artinya 3 kendaraan roda 2 itu 1 kendaraan roda 4," Tandasnya. 

- R3. 

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Kasus Kecelakaan Lalin di Kota Sukabumi Tahun 2021 Cenderung Meningkat Dari Tahun Sebelumnya

Trending Now

Iklan