Menteri Pertanian Ingin Indonesia 3 Besar Penyuplai Kopi Dunia

KILASINFO.ID
27 Januari, 2022 | 4:06 PM WIB Last Updated 2022-01-27T09:06:38Z

 

Didampingi Bupati Bandung HM Dadang Supriatna, Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo Gerakan Tanam Kopi Serentak (Gertak) di Desa Sugihmukti, Kecamatan Pasirjambu, Kabupaten Bandung, Rabu (26/1/2022).

KILASINFO.ID, -- Gerakan Tanam Kopi Serentak (Gertak) sedang digalakan di seluruh Indonesia. Menteri  Pertanian Syahrul Yasin Limpo, katanya melakukan ini lantaran ingin Indonesia menjadi peringkat tiga besar penyuplai kopi seluruh dunia.

Saat melakukan Gerakan Tanam Kopi Serentak di Desa Sugihmukti, Kecamatan Pasirjambu, Kabupaten Bandung, Rabu (26/1/2022), Mentan mengatakan, sebagai penyuplai kopi dunia saat ini Indonesia ada diperingkat lima setelah Jerman.

Peringkat 1 Brasil, kedua Vietnam, dan ketiga Kolombia. Ia berharap  bisa naik menjadi tiga besar penyuplai kopi dunia. " Tapi minimal di Asia Tenggara kita harus bisa menjadi penyuplai kopi terbesar pertama setelah Vietnam," katanya.

Dipilihnya lahan di Kabupaten Bandung sebagai sentra Gerakan Tanam Kopi Serentak, kata Menteri karena Kabupaten Bandunh sebagai produsen kopi terbaik di dunia.

"Lahan di Kabupaten  Bandung sangat bagus, iklim dan ketinggian lahan yang ada sangat bagus untuk tanaman kopi," jawabnya.

Sementara itu, Bupati Bandung  Dadang Supriatna mengatakan sejak dirinya dilantik pada 26 April 2021, yang bertepatan dengan masifnya masa pandemi, pihaknya mengakui laju pertumbuhan ekonomi mengalami minus 1,87 persen.

"Tetapi dalam waktu enam bulan, karena Kabupaten Bandung mayoritas merupakan lahan pertanian, maka pertumbuhan ekonomi Kabupaten Bandung sekarang sudah surplus enam persen," ujar Dadang Supriatna.

Ia pun menghaturkan terima kasih kepada Menteri Pertanian yang telah memilih Kabupaten Bandung sebagai sentral Gerakat Tanam Kopi Serentak dan PT.Geodipa Energi yang menyediakan tempat.

 

Lily SD

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Menteri Pertanian Ingin Indonesia 3 Besar Penyuplai Kopi Dunia

Trending Now

Iklan