24 Babinsa Otsus Papua Dilatih Keterampilan Otomotif di Sukabumi

KILASINFO.ID
25 Februari, 2022 | 1:07 PM WIB Last Updated 2022-02-25T06:07:49Z


Salah satu anggota Babinsa otonomi khusus saat mendapat pelatihan di Kodim 0622 Kabupaten Sukabumi. Foto : istimewa

SUKABUMI, KILASINFO.id - Sedikitnya 24 anggota Babinsa otonomi khusus (Otsus) Kodim 0622 Kabupaten Sukabumi asal Papua mengikuti pelatihan keterampilan otomotif bersama guru SMK Doa Bangsa Palabuhanratu.

Pelatihan untuk mengembangkan kemampuan dibidang otomotif tersebut digelar di Makodim 0622 Kabupaten Sukabumi.

Dandim 0622 Kabupaten Sukabumi Letkol (Inf ) Anjar Ari Wibowo mengaku bangga dapat menerima dan membina 24 orang anggota Babinsa Otsus Asal Papua dalam bentuk pengembangan pelatihan selama 5 hari.

 "Selain membina dan mengembangkan kemampuan teritorial, mereka juga diberikan perhatian lebih dengan pengembangan kemampuan maupun keterampilan lainnya, seperti kemampuan atau keterampilan khusus dibidang Otomotif,"jelas Dandim 0622 Kabupaten Sukabumi Letkol (Inf ) Anjar Ari Wibowo.

Menindaklanjuti hal tersebut, Pasiops Kodim 0622 Kabupaten Kapten (Inf) Herman Harkad bersama dengan Perwira dan Staf Kodim lainnya berinisiatif mengembangkan keterampilan khusus bagi Babinsa Otsus ini dengan bekerja sama dengan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Doa Bangsa yang berlokasi di Jln. W.R. Supratman Desa Citepus Kecamatan Palabuhanratu.

"Pelatihan otomotif dilaksanakan selama lima hari, pada tanggal 21 sampai dengan 25 Februari 2022 di Makodim 0622 Kabupaten Sukabumi, "terangnya.

Kemampuan Babinsa Otsus dibidang Otomotif nantinya bisa diterapkan di Desa Binaannya masing-masing serta sebagai penunjang dalam melaksanakan tugas dan bekal nanti jika kembali lagi ke Papua.

"Ada tahapan-tahapan dalam melatih keterampilan otomotif sepeda motor, dimulai dari tahapan pengenalan alat yang digunakan, pengenalan tentang mesin motor hingga tahap praktek perbengkelan dan materi tersebut diberikan atau disampaikan oleh Ahlinya yaitu Guru pengajar dari SMK Doa Bangsa Palabuhanratu, "jelas Kapten (Inf ) Herman Harkad Pasiops Kodim 0622 Kabupaten Sukabumi.

Sementara itu, Rifkia, Guru SMK Doa Bangsa Palabuhanratu yang sekaligus sebagai pembimbing pelatihan mengatakan, sangat bangga bisa diminta untuk melatih dan memberikan pembekalan otomotif kepada Babinsa Otsus. Selama memberikan materi baik pengenalan maupun praktek, peserta pelatihan sangat antusias dan proaktif dalam menerima pelajaran.

"Saya Mengucapkan banyak terima kasih atas kepercayaan yang diberikan Kodim 0622/Kab. Sukabumi dalam membimbing, memberikan materi maupun melatih Para Babinsa Otsus Asal Papua, semoga apa yang telah diberikan atau disampaikan dapat bermanfaat dikemudian hari dan semoga silaturahmi bisa terus terjalin, "terangnya.

Ditempat terpisah, Salah satu peserta pembekalan materi otomotif Serda Charul Suafri, menyampaikan ucapan terima kasih kepada Kodim 0622 Kabupaten Sukabumi terutama Bapak Dandim yang telah memfasilitasi pelatihan mengembangkan kemampuan maupun potensi keterampilan dibidang Otomotif sepeda motor.

"Apa yang didapatkan saat ini akan diterapkan dan diimplementasikan sebagai penunjang dalam melaksanakan tugas, "terangnya.

Diketahui, pelatihan otomotif bintara remaja otsus meliputi tiga aspek yaitu Sasis, Kelistrikan dan Mesin pada kendaraan otomotif. Pertama, mulai dari cara mengganti oli shock mengganti ban depan dan ban belakang, hingga menyetel rantai, kedua pengujian kelistrikan mulai dari coil, busi, dan CDI, terakhir pengecekan dalaman mesin dari Head Cylinder dan piston.*

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • 24 Babinsa Otsus Papua Dilatih Keterampilan Otomotif di Sukabumi

Trending Now

Iklan