550 Calon Mahasiswa asal Jabar ‘Berguru’ ke Al-Azhar Mesir

23 Februari, 2022 | 11:29 AM WIB Last Updated 2022-02-23T04:29:00Z



Dengan Protokol Kesehatan, salah satu pewakilkan calon mahasiswa saat dilepas Gubernur Jabar Ridwan Kamil. Foto : jabarprov.go.id

BANDUNG, KILASINFO.id – Sedikitnya 550 calon mahasiswa baru asal Jawa Barat (Jabar) akan menimba ilmu di Universitas Al-Azhar, Kairo, Mesir. Pelepasan calon mahasiswa tersebut dilakukan di gedung Pakuan Bandung, oleh Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil.

Dalam pelepasan itu, Emil berpesan agar calaon mahasiswa dapat menguatkan niat diri untuk belajar sehingga bisa selesai sampai dengan lulus dan juga berharap dapat melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi S2 sampai S3.

"Niatkan diri untuk belajar jangan lain-lain, maka harus selesai sampai lulus. Kalau bisa terus berjenjang hingga S2, S3," kata Emil, dikutif jabarprov.go.id, Rabu (23/2/2022).

Emil juga menitipkan kepada calon mahasiswa agar bisa menjaga nama baik Jabar, dengan tidak melanggar norma-norma kearifan lokal di Mesir. Kendati begitu, ia meyakini para calon mahasiswa akan menunjukkan kejawabaratan yang someah (ramah) dan cepat beradaptasi.

"Jangan sampai terdengar ada perilaku yang melanggar norma-norma kearifan lokal di sana. Walaupun saya yakin rata-rata orang Jabar itu someah, bisa menyesuaikan atau mengalir seperti air mudah beradaptasi," tuturnya.

Sekedar diketahui, hingga saat ini jumlah mahasiswa asal Jabar yang mengenyam pendidikan di universitas ternama Al-Alzhar jumlahnya terus meningkat setiap tahun. 

Menurut catatan Kedutaan Indonesia di Mesir jumlah mahasiswa Al-Azhar asal Jabar sebanyak 1.545 orang.

"Ini belum ditambah dengan yang berangkat sekarang, kalau dijumlah sudah lebih dari 2.000 orang," terang Emil.

Pemda Provinsi Jabar yang punya banyak inovasi keislaman, diharapkan juga bisa disebarluaskan oleh mahasiswa asal Jabar di Mesir. Bahkan, kata Emil, mereka nantinya bisa menjadi duta islam wasatiah di Mesir dalam program English for Ulama.

"Tolong sebarluaskan inovasi kita seperti Satu Desa Satu Hafidz, One Pesantren One Product, Dakwah Digital, dan kalau bisa jadi duta islam wasatiah asal Jabar," harapnya.***

Ade Sutisna

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • 550 Calon Mahasiswa asal Jabar ‘Berguru’ ke Al-Azhar Mesir

Trending Now

Iklan