Arteria Dahlan Lolos dari Proses Hukum

05 Februari, 2022 | 11:08 AM WIB Last Updated 2022-02-05T04:08:00Z

Arteria Dahlan

KILASINFO.ID, -- Politisi PDI Perjuangan Arteria Dahlan lolos dari proses hukum terkait ujarannya yang meminta seorang Kajati dipecat karena menggunakan bahasa sunda saat rapat.

Polisi menyatakan, berdasarkan hasil gelar perkara oleh Subdit Siber Ditreskrimsus Polda Metro Jaya usai mendapat pelimpahan dari Polda Jawa Barat, kasus politikus PDIP Arteria Dahlan terkait pernyataannya yang dianggap menyinggung masyarakat Sunda, tidak memenuhi unsur perbuatan menyebarkan informasi yang bermuatan ujaran kebencian berdasarkan SARA yang diatur dalam Pasal 28 ayat 2 UU ITE.

Gelar perkara itu disebutkan turut melibatkan sejumlah ahli, antara lain ahli pidana, ahli bahasa, hingga ahli hukum bidang UU ITE.

Dijelaskan pula, pernyataan Arteria yang dianggap menyinggung Sunda itu disampaikan dalam situasi rapat resmi. Dalam hal ini, kapasitas Arteria pada kegiatan rapat itu sebagai anggota DPR RI, dengan demikian ada hak imunitas yang dimiliki yang bersangkutan.

"Yang bersangkutan memiliki hak imunitas sehingga tidak dapat dipidanakan saat yang bersangkutan mengungkapkan pendapatnya dalam forum atau rapat resmi yang dilakukan seperti dalam persoalan ini," ucap Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes E Zulpan, kepada wartawan, Jumat (4/2) dan dilansir oleh sejumlah media daring.

Karena itu, sebut Kombes E. Zulpan, masyarakat yang merasa dirugikan oleh pernyataan Arteria itu selanjutnya bisa melaporkannya ke Mahkamah Kehormatan Dewan (MKD).

Seperti diketahui, sejumlah elemen masyarakat sunda melaporkan Arteria Dahlan ke Polda Jawa Barat, akibat mempermasalahkan pemakaian bahasa Sunda oleh seorang Jaksa Tinggi saat Komisi III DPR RI menggelar raker dengan Jaksa Agung ST Burhanuddin, beberapa waktu lalu.

Buntut dari pernyataan tersebut, sertamerta menuai kecaman kepada Arteria dan hampir sepekan berlangsung unjukrasa meminta politisi PDIP itu dipecat dari DPR. Rekomendasi pemecatan agar Arteria dipecat dari partai juga  sempat dilayangkan kepada DPP PDIP oleh ketua DPD PDI Perjuangan Jabar Ono Surono.

Menurut Kabid Humas Polda Jabar Kombes Ibrahim Tompo pada 26 Januari silam, pelaporan paguyuban masyarakat Sunda ke Polda Jawa Barat selanjutnya dilimpahkan ke Polda Metro Jaya dengan alasan lokasi Arteria Dahlan ketika melakukan perbuatannya berada di wilayah hukum Polda Metro Jaya.


Ombule

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Arteria Dahlan Lolos dari Proses Hukum

Trending Now

Iklan