Buntut JHT Cair di Usia 56 Tahun, KSPI Minta Jokowi Ganti Menaker Ida

KILASINFO.ID
14 Februari, 2022 | 10:47 AM WIB Last Updated 2022-02-14T08:57:59Z

 Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia, Said Iqbal. Foto : semarak.co

JAKARTA, KILASINFO.id – Terbitnya aturan baru Menaker soal pencairan dana Jaminan Hari Tua (JHT) yang baru bisa dilakukan saat peserta BPJS Ketenagakerjaan berusia 56 tahun atau memasuki masa pensiun berbuntut panjang.

Setelah petisi tolak JHT. Kali ini tuntutan kembali datang dari Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) yang meminta Joko Widodo (Jokowi) mengganti Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah.

Melansir cnnindonesia.com, Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) Said Iqbal mendesak Presiden Joko Widodo (Jokowi) memecat Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah. Tuntutan itu diungkap sebagai buntut aturan baru Menaker soal pencairan dana JHT yang bisa di cairkan di usia 56 tahun atau memasuki masa pensiun.

Aturan tersebut tertuang dalam Permenaker Nomor 2 Tahun 2022 tentang Tata Cara dan Persyaratan Pembayaran Manfaat JHT. Beleid ini menggantikan Permenaker 19/2015 yang membolehkan peserta mencairkan dana JHT saat terkena pemutusan hubungan kerja (PHK).

"Kami minta Bapak Presiden Jokowi memecat Menaker. Ganti dengan orang yang lebih memahami dunia usaha," ujar Said dalam konferensi pers daring, Sabtu (12/2), dilansir cnnindonesia.com.

Sebagai gantinya, ia mengusulkan Jokowi menunjuk menteri dari kalangan dunia usaha atau serikat buruh. Asalkan, bukan politikus atau yang terafiliasi dengan partai politik tertentu.

"Pengusaha kan paham dunia kerja, serikat pekerja juga. Carilah pengusaha yang bisa menjaga keseimbangan antara kepentingan buruh dan pengusaha. Jangan politikus," tegas Said.

Sebagai gantinya, ia mengusulkan Jokowi menunjuk menteri dari kalangan dunia usaha atau serikat buruh. Asalkan, bukan politikus atau yang terafiliasi dengan partai politik tertentu.

"Pengusaha kan paham dunia kerja, serikat pekerja juga. Carilah pengusaha yang bisa menjaga keseimbangan antara kepentingan buruh dan pengusaha. Jangan politikus," tegas Said., dilansir cnnindonesia.com.*

Bangbang Setian

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Buntut JHT Cair di Usia 56 Tahun, KSPI Minta Jokowi Ganti Menaker Ida

Trending Now

Iklan