Cerita Bocah 13 Tahun di Sukabumi Jualan Ubi karena Ingin Beli Sepeda Seperti Temannya

KILASINFO.ID
25 Februari, 2022 | 5:27 PM WIB Last Updated 2022-02-25T11:57:11Z


Rizki Ginanjar (13) saat menawarkan Ubi Jalar. Foto : Istimewa

SUKABUMI, KILASINFO.id - Senyuman ikhlas selalu terlihat di wajah Rizki Ginanjar sambil menjual ubi jalar yang dibawanya dalam karung setiap hari. Kehidupan yang dijalani Rizki tidak seperti anak-anak diusia sebayanya yang menghabiskan waktu untuk bermain.

Bocah lelaki berusia 13 tahun itu harus rela berjualan ubi demi mencukupi kebutuhan sehari-harinya.

Rizki ini merupakan anak piatu. Sang ibu meninggal dunia sekitar dua tahun lalu karena mengalami kecelakaan tertabrak mobil kontainer.

Bocah yang kini duduk dibangku kelas enam Sekolah Dasar (SD) itu berjualan ubi agar bisa membeli sepeda seperti teman-temannya.

Ia mengaku tinggal di Kampung Jelegong, Kecamatan Nagrak, Kabupaten Sukabumi, dan ia tinggal dirumah sederhana.

"Aku jualan kayak gini karena pengen punya sepeda kaya teman-teman aku om, kalau pada main sepeda aku cuma liatin terus ngikutin sambil lari-lari, tabungan aku baru kekumpul Rp200 ribu om," ungkap bocah polos itu.

Ubi yang ia jual hasil nyenteng dari orang lain, satu bungkus ubi ia jual dengan harga Rp5 ribu, dengan keuntungan yang diambil Rp2 ribu dari setiap bungkusnya.

"Ini jualannya ngambil dari orang lagi om, satu bungkusnya dijual Rp5 ribu, terus untung dari setiap bungkusnya aku ambil Rp2 ribu," kata Rizki.

Rizki menambahkan, sekarang ia tinggal bersama kakek dan neneknya di rumah sedehana. "Kalau sekarang tinggalnya sama kakek dan nenek, nenek jualan gorengan dan kakek mah gak jualan tapi suka ke sawah" tambah Rizki.

Masih kata Rizki, walaupun sekarang ayahnya masih ada tapi ayahnya jarang memberikan uang jajan dan perhatian untuknya.

"Ayah sekarang jualan ayam di pasar Cibadak, paling seminggu sekali ngasih uang jajan Rp20 ribu, ayah jarang pulang jadi yang ngurus aku kakek sama nenek om, kalau ke kakek sama nenek ngasih uang Rp100 ribu," ujar bocah kelas 6 SD itu.

Seperti anak lainnya Rizki memiliki cita-cita yang ingin ia capai suatu hari nanti.

"Aku cita-citanya ingin jadi polisi om biar bisa jagain kakek dan nenek terus bisa banggain mamah di surga," pungkasnya.*

Ade

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Cerita Bocah 13 Tahun di Sukabumi Jualan Ubi karena Ingin Beli Sepeda Seperti Temannya

Trending Now

Iklan