Hujan Deras, Jalan Lingkungan di Cicurug Sukabumi Terbawa Longsor

KILASINFO.ID
07 Februari, 2022 | 4:40 PM WIB Last Updated 2022-02-07T13:41:07Z


  Jalan lingkungan amblas terbawa longsor. Foto : P2BK Cicurug

SUKABUMI, KILASINFO.id – Intensitas hujan terus meningkat di wilayah Cicurug, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat sejak dua hari terakhir, Senin (7/2/20223). Hujan lebat merata di Kabupaten Sukabumi dinihari kemarin.

Dampak dari hujan tersebut mengakibatkan genangan air di beberapa wilayah desa di kecamatan Cicurug hingga mengakibatkan jalan lingkungan longsor di Kampung Benteng RT 06/RW 05 Desa Kutajaya.

Siang tadi jalan lingkungan di desa tersebut rusak berat terbawa oleh material tanah longsor dan 1 rumah terancam. Jalan lingkungan amblas ini panjangnya 10 meter lebar 120cm dan tinggi 7 meter dan 1 rumah terancam.

" Dampak dari hujan itu selain jalan lingkungan terbawa tanah longsor juga mengancam 1 rumah," kata ketua P2BK Cicurug Dodi Firmansyah dalam keterangan tertulisnya, Senin (7/2/2022).

Peristiwa tanah longsor ini terjadi sekira pukul 11.00 wib itu tidak menimbulkan korban jiwa. Hanya saja mengakibatkan kerugian materi sebesar 20 jutaan karena mengalami kerusakan.

“Kami (P2BK_red) dan pemerintah setempat meminta pemilik rumah yang terancam segera pindah khawatir terbawa tanah longsor itu ke lokasi yang lebih aman,” jelasnya.

Upaya yang sudah dilakukan, tambah Dodi, P2BK Kecamatan Cicurug berkoordinasi bersama perangkat Desa/Kecamatan, Koramil, Polsek, Satpol pp dan relawan untuk melakukan pendataan serta memberikan himbauan kepada masyarakat untuk tetap waspada.

“Saat ini yang dibutuhkan yaitu bronjong, karung, batu, semen dan pasir. Kondisi saat ini penanganan sementara di titik longsoran ditutup terpal dan dipasang penghalang untuk menghindari longsor susulan,” jelasnya. 

Reporter : Abdul Azis
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Hujan Deras, Jalan Lingkungan di Cicurug Sukabumi Terbawa Longsor

Trending Now

Iklan