Pengembangan Kemitraan Agribisnis melalui Ekosistem Digital, Iyos : Sinergikan Program Closed Loop dengan Perumda

23 Februari, 2022 | 10:49 AM WIB Last Updated 2022-02-23T03:49:15Z




Ilustrasi Closed Loop. Foto : katadata.co.id

SUKABUMI, KILASINFO.id - Wakil Bupati Sukabumi Iyos Somantri, berharap diluncurkannya program closed loop bisa disinergikan dan berkolaborasi dengan perusahaan umum daeerah (perumda).

Program closed loop sendiri adalah, model kemitraan agribisnis dari hulu sampai hilir yang dikembangkan dalam ekosistem yang berbasis digital.

" Saya berharap diluncurkannya program closed loop bisa disinergikan dan berkolaborasi dengan perumda yang ada,” kata Iyos, dikutif laman resmi pemkab sukabumi pada rakor program kemitraan closed loop agribisnis dan grand launching buku pintar dan FGD kemitraan closed loop agribisnis hortikultura di BKPSDM.

Realisasinya, menurut Iyos, kedepan tentunya akan dibentuk tim khusus percepatan terkait peningkatan produktivitas masyarakat melalui agribisnis dan pariwisata berkelanjutan.

“Ya, salah satunya adalah program closed loop," jelasnya.

Apalagi, masih kata Iyos, program closes loop sendiri merupakan bagian dari misi ke 2 kabupaten sukabumi dalam hal peningkatan produktivitas masyarakat melalui agribisnis dan pariwisata berkelanjutan.

"Untuk di Sukabumi sangat diharapkan closed loop bisa ditindak lanjuti, karena manfaatnya sangat baik untuk kepentingan petani," tandasnya.

Sementara untuk buku pintar yang di launching deputi bidang koordinasi pangan dan Agribisnis Kemenko Bidang Perekonomian RI Musdhalifah Machmud, itu bertujuan memberikan terobosan yang efektif untuk pemulihan ekonomi di bidang pertanian agribisnis holtikultura.

"Buku itu memberikan panduan kepada para petani tentang budidaya, pola tanam, pola panen, penanganan pasca panen hingga distribusi dan pemasaran. Hal ini juga untuk menghasilkan produk berkualitas yang sesuai dengan kebutuhan pasar," pungkasnya.***

Ade Sutisna

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Pengembangan Kemitraan Agribisnis melalui Ekosistem Digital, Iyos : Sinergikan Program Closed Loop dengan Perumda

Trending Now

Iklan