Sistem Merit, Komisioner KASN Sebut Nilai Kabupaten Sukabumi Kurang Kategori Baik

14 Februari, 2022 | 7:20 PM WIB Last Updated 2022-02-14T12:26:15Z

 


Penerapan Sistem Merit ASN. Foto : akamaized.net

SUKABUMI, KILASINFO.Id - Komisioner KASN Mustari Irawan menyebut Kabupaten Sukabumi memiliki nilai yang hampir pas untuk kategori baik. Namun, hal tersebut bisa ditingkatkan. Terutama dengan melibatkam seluruh element potensi di Kabupaten Sukabumi. 

"Hampir pas untuk kategori baik. Saya yakin, komitmen Kabupaten Sukabumi sangat tinggi. Apalagi bupati hadir dalam rakor persiapan evaluasi ini," kata Mustari,  seperti dikutif laman facebook pemerintah Kabupaten Sukabumi, Senin (14/2/2022).

Bahkan menurutnya, tidak menutup kemungkinan kategori Kabupaten Sukabumi meningkat menjadi sangat baik. Apalagi, nilai tersebut bisa terus ditingkatkan. 

"Ada beberapa kota/kabupaten yang naik kategorinya menjadi sangat baik. Jadi tidak menutup kemungkinan. Kalaupun tidak naik kategorinya, minimal nilainya terus meningkat," ungkapnya.

Muatari mengharapkansistem merit ini bisa meningkatkan aktivitas indeks pemerintahan. Termasuk membangun birokrasi yang jauh lebih baik lagi. 

"Kualiatas birokrasi bisa lebih meningkat, kalau berjalan optimal sistem meritnya," tegasnya.

Sementara itu, Bupati Sukabumi Marwan Hamami memastikan bahwa penerapan sistem merit tersebut, terdapat sejumlah aspek yang dinilai. Sehingga, setiap instansi pemerintah memiliki tingkatan kategori penilaian dalam penerapan sistem merit. 

"Hal itu mulai dari kategori buruk, kurang, baik, dan sangat baik," jelasnya 

Untuk Pemkab Sukabumi sendiri, kata Marwan, mendapatkan kategori baik dengan nilai 259 dan indek 0,63.

"Hasil penilaian ini ditetapkan ketua KASN nomor 92/KEP.KASN/C/X1/2021 tanggal 30 November tahun 2021 tentang penerapan sistem merit dalam manajemen ASN di lingkungan Pemkab Sukabumi," bebernya.

Bupati mengaku dengan soliditas dan pemeberdayaan potensi yang ada, dirinya optimis pemkab Sukabumi nantinya bisa meraih sistem merit dengan kategori sangat baik.***

Ade Sutisna

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Sistem Merit, Komisioner KASN Sebut Nilai Kabupaten Sukabumi Kurang Kategori Baik

Trending Now

Iklan