Soal JHT, Hari Ini Kantor Kemnaker-BPJS Ketenagakerjaan Didemo Buruh

KILASINFO.ID
16 Februari, 2022 | 10:58 AM WIB Last Updated 2022-02-16T03:58:28Z


Caption : Kantor Kementrian Ketenagakerjaan RI. Foto : Kargoku.id

JAKARTA, KILASINFO.id - Buruh yang tergabung dalam Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) bakal menggeruduk kantor Kementerian Ketenagakerjaan pada hari ini, Rabu (16/2).

Mereka mendesak agar Permenaker Nomor 2 Tahun 2022 yang mengatur Jaminan Hari Tua (JHT) baru bisa dicairkan di usia 56 tahun dicabut. 

Selain itu, mereka juga meminta agar Menaker Ida Fauziyah selaku pihak yang mengeluarkan peraturan tersebut dicopot dari jabatannya.

"Tuntutan: 1. Cabut Peraturan Menteri Ketenagakerjaan Nomor 2 Tahun 2022 tentang Tata Cara dan Persyaratan Pembayaran Manfaat Jaminan Hari Tua. 2. Copot Menteri Ketenagakerjaan," demikian dikutip CNNIndonesia.com.

Masih di laman CNNIndonesia.com, Selain kantor Kemnaker, demonstrasi dilakukan di kantor pusat BPJS Ketenagakerjaan serta kantor Dinas Tenaga Kerja dan kantor wilayah BPJS Ketenagakerjaan di masing-masing wilayah.

Sebelum ini, Konfederasi Persatuan Buruh Indonesia (KPBI) bersama Liga Mahasiswa Nasional untuk Demokrasi (LMND) melakukan aksi simbolik di depan kantor Kemnaker pada Selasa (15/2).

Tuntutannya serupa yaitu mendesak agar Permenaker 2/2022 dicabut.

Selain itu, manfaat JHT juga berlaku pada peserta yang berhenti bekerja seperti mengundurkan diri, terkena pemutusan hubungan kerja, dan peserta yang meninggalkan Indonesia untuk selama-lamanya. Namun, itu baru bisa dicairkan ketika peserta sudah berusia 56 tahun.

Aturan itu diteken Ida Fauziyah pada 2 Februari dan diundangkan pada 4 Februari 2022.

Peraturan berlaku tiga bulan sejak diundangkan dan secara otomatis mencabut Permenaker Nomor 19 Tahun 2015.

Selain demonstrasi, terdapat upaya lain yang sudah ditempuh warga untuk membatalkan Permenaker 2/2022 yaitu dengan menggugat ke Mahkamah Agung (MA).

Penggugat bernama Redyanto Reno Baskoro, seorang pekerja di industri perbesian di daerah Mampang Prapatan, Jakarta Selatan. Reno menunjuk Singgih Tomi Gumilang sebagai kuasa hukum.*

Bambang Setian

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Soal JHT, Hari Ini Kantor Kemnaker-BPJS Ketenagakerjaan Didemo Buruh

Trending Now

Iklan