Ternyata Masjid Agung Sukabumi merupakan Tempat Ibadah Tertua di Sukabumi

KILASINFO.ID
11 Februari, 2022 | 4:17 PM WIB Last Updated 2022-02-11T09:27:30Z

 

Masjid Agung Sukabumi. Foto : wikepedia

SUKABUMI,KILASINFO.id - Tak hanya memiliki keindahan alam, Kota Sukabumi juga memiliki Fasilitas bangunan masjid heritage peninggalan era kolonial. 

Melansir pikiranrakyat.com, Kota Sukabumi semula merupakan kawasan perkebunan kopi pernah menjadi daerah yang penduduknya didominasi orang Eropa.

Karena pesatnya pertumbuhan populasi bangsa Eropa, Kota Sukabumi ditetapkan sebagai Burgerlijk Bestuur dengan status Gemeente (Kotapraja).

Setelah berstatus Kotapraja, Sukabumi berkembang pesat dengan ditandai dibangunnya berbagai fasilitas untuk menunjang aktifitas bangsa Eropa.

Salah satu fasilitas itu diantaranya yakni bangunan Masjid Agung Kota Sukabumi berusia ratusan tahun yang mengalami pemugaran.

Masjid tertua dan terbesar di Sukabumi ini merupakan saksi sejarah perjuangan warga menghadapi penjajahan. Dulunya, bangunan ini dijadikan markas atau pusat pertemuan pejuang untuk merumuskan strategi perang.

Diperkirakan masjid ini sudah berdiri sejak abad ke-19 dan menjadi satu-satunya masjid yang berdiri di tengah kota Sukabumi hingga akhir abad ke-19.

Awalnya, Masjid Agung Sukabumi didirikan di atas tanah wakaf milik warga bernama Ahmad Juwaeni yang hingga sekarang terus mengalami perubahan.

Pada masa awal, bangunan Masjid Agung Sukabumi masih sederhana dengan atap tumpang dan memiliki satu menara. Di bagian depan masjid terdapat alun-alun dengan hamparan padang rumput yang menjadi tempat penggembalaan sapi. Namun, hewan-hewan tersebut kemudian dipindahkan ke bagian timur.

Selama berdirinya, Masjid Agung Sukabumi telah mengalami 6 kali renovasi yaitu pada 1900, 1936, 1945, 1975, 2004, dan renovasi besar-besaran pada 2012 yang rampung setahun kemudian.

Perubahan arsitektur yang sangat dominan menjadikan masjid Agung Sukabumi terlihat megah dan modern. Namun bangunan telah kehilangan bentuk aslinya.

Dari kejauhan, Masjid Agung Sukabumi terlihat punya warna emas yang mendominasi kubah. Empat menaranya juga mendapatkan sentuhan warna emas di sisi bagian atas. Interior masjid seperti empat pilar besar, langit-langit, hingga mihrabnya juga memiliki warna yang sama.

Bagian paling menarik dan menjadi ciri khas Masjid Agung Sukabumi adalah puncak menara yang tidak menggunakakan kubah tetapi ornamen kujang.

Saat ini, masjid agung Kota Sukabumi mengalami banyak pemugaran, bagian depan Masjid Agung terlihat empat menara yang tegak menjulang, dengan bagian tengah menara yang berwarna kuning keemasan, di setiap sudut masjid.

Ada dua kubah pada masjid ini Satu kubah berada dibagian tengah bangunan masjid dan satu kubah dibangun diatas bidang yang menjulur yang berada di depan masjid. Kedua kubah  ini juga dominan dengan warna kuning keemasan.

Sumber : pikiranrakyat.com

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Ternyata Masjid Agung Sukabumi merupakan Tempat Ibadah Tertua di Sukabumi

Trending Now

Iklan