Ada Wisata Alam Hutan Mangrove di Sukabumi, Sudah Tahu?

KILASINFO.ID
26 Maret, 2022 | 11:19 AM WIB Last Updated 2022-03-26T04:19:55Z

Wisata Alam Hutan Mangrove.| istimewa

SUKABUMI, KILASINFO.id - Wisata Alam hutan mangrove berada di kawasan Geopark Ciletuh-Palabuhanratu, tepatnya di Desa Mandrajaya, Kecamatan Ciemas, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, bisa menjadi pilihan bagi para wisatawan yang ingin berlibur sambil mengenal tanaman mangrove.

Ketua BUM Desa Mandrajaya, Jujun menjelaskan, wisata hutan mangrove Cikadal dahulunya dikenal oleh warga sekitar dengan sebutan alor ateul (rawa gatal-red).

"Dulunya oleh warga di sini, sering disebut rawa alor ateul (rawa gatal-red). Kawasan ini luasnya kurang lebih sepuluh hektare yang di dalamnya terdapat tumbuhan bakau jenis Rhizophora, Avicennia (api-api), serta kawasan Tambak Udang PT Labuan Monodon,” ungkap Jujun.

Wisata hutan mangrove Cikadal juga menjadi habitat bagi para satwa seperti monyet, burung laut, dan juga ikan nila yang di restocking oleh warga.

"Di sini tidak hanya tempatnya tumbuhan mangrove tapi juga terdapat habitat binatang monyet dan burung laut, serta ikan nila yang di restocking oleh kelompok masyarakat konservasi,” kata Jujun yang juga sebagai pengelola Wisata Hutan Mangrove.

Kawasan yang dikelola oleh BUM Desa dan Karang Taruna setempat itu, memiliki daya tarik sebagai wisata edukasi alam yang memberikan informasi tentang pentingnya konservasi pesisir pantai.

"Para guide memberikan edukasi tentang pentingnya konservasi pesisir pantai kepada para wisatawan yang datang, tapi selain itu karena lokasinya yang dekat dengan Pantai Cikadal, menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan,” tambah pria yang berusia 32 tahun.

Sedikit informasi, Wisata Edukasi Hutan Mangrove ini dibuka setiap hari dengan biaya masuk seikhlasnya untuk biaya kebersihan.

Demikian kilas wisata sukabumi yang bisa anda kunjungi.***

Ade Yosca

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Ada Wisata Alam Hutan Mangrove di Sukabumi, Sudah Tahu?

Trending Now

Iklan