Cerita Mistis Batu Karut Cibadak Sukabumi di aliran Sungai Cicatih

KILASINFO.ID
19 Maret, 2022 | 12:38 PM WIB Last Updated 2022-03-19T05:38:34Z

Batu Karut Desa Warnajati. |Dok: kilasinfo.id

SUKABUMI, KILASINFO.id - Batu Karut atau dalam bahasa Indonesia batu yang diikat dengan akar, merupakan salah satu potensi wisata alam Kabupaten Sukabumi yang terletak di Kampung Batu Karut RT 01/10, Desa Warnajati, Kecamatan Cibadak. 

Batu tersebut berada di tengah aliran Sungai Cicatih yang berseberangan dengan Kampung Bojong, Kelurahan Cibadak.

Dibalik nama Batu Karut ternyata memiliki cerita yang menarik. Menurut cerita orang sekitar, di areal tersebut dulunya ada sebuah batu yang terikat akar beringin. Ajaibnya, akar beringin itu bisa mengangkat batu tersebut ke atas kurang lebih 1 meter.

“Atas dasar itu, kampung ini dinamakan Kampung Batu Karut. Meskipun sekarang batu yang diikat oleh akarnya itu sudah tidak ada,” kata Edih Sutisna (69) warga setempat.

Edih menjelaskan, penghuni Batu Karut tidak menyukai orang sompral atau sombong. Banyak cerita mistis yang berkaitan dengan batu unik yang terbelah dua dan bersejarah ini.

Konon, dibawah Batu Karut masih terdapat batu yang lebih besar dan terdapat goa didalamnya.

“Dua batu ini posisinya sangat kuat. Jadi saat aliran sungai besar juga posisi batu ini tidak pernah berubah,” terangnya.

Mak Aah, warga setempat lainnya menyampaikan, Batu Karut ini juga mempunyai beberapa anak buah tangga dan besar seperti rumah.

“Tangganya seperti rumah dan diatasnya ada seperti tempat duduk dan meja, seperti tempat peristirahatan,” ungkap Mak Aah (70).***

Ade Sutisna

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Cerita Mistis Batu Karut Cibadak Sukabumi di aliran Sungai Cicatih

Trending Now

Iklan