Curug Cikanteh Surga Wisata Alam di Sukabumi, Air Terjun Tiga Tingkat dengan Panorama Indah dan Mempesona

05 Maret, 2022 | 3:16 PM WIB Last Updated 2022-03-05T08:16:05Z


Curug Cikanteh. Foto : Wisata Jawa Barat

SUKABUMI, KILASINFO.id - Berkunjung ke daerah Sukabumi, khususnya ke daerah Geopark Cileutuh Pastinya akan disuguhkan banyak curug yang bagus sekali. Salah Satu Nya Curug Cikanteh Yang Sangat Menawan.

Curug Cikanteh memiliki banyak pesona yang dapat dinikmati wisatawan. Curug ini berada di Kawasan Geopark Ciletuh dan menjadi salah satu air terjun indah yang berada di Geopark Ciletuh. 

Melansir laman Wisata Jawa Barat, Curug atau Air terjun Cikanteh ini memiliki ketinggian sekitar 60 meter. Memiliki debit air yang deras dan membentang seperti tirai.

Dibawah air terjun utama, masih terdapat patahan air terjun kecil yang membuat semakin istimewa Curug Cikanteh ini.

Sumber air curug ini berasal dari Sungai Cikanteh, walau pun curug ini memiliki aliran yang cukup deras, namun tetap menambah keindahan panorama curug ini. 

Disamping keindahan dua curug tersebut, tempat wisata alam di Sukabumi ini masih memiliki daya tarik lain. Wisatawan akan menemukan limpahan air yang mengalir secara deras pada dinding tanah setinggian kurang lebih 60 meter. 

Limpahan air ini dapat digunakan untuk membasuh tangan atau kaki sambil menikmati kesegaran air khas pegunungan tetapi tidak disarankan untuk berenang.

Asal usul diberi nama Curug Cikanteh ternyata berasal dari nama sungainya. Menurut masyarakat sekitar, air terjun yang memiliki ketinggian sekitar 60 meter ini berasal dari sungai Cikanteh. Oleh sebab itu curug ini diberi nama Curug Cikanteh. 

Curug ini memiliki 3 tingkatan limpahan air, dan memiliki masing masing nama yang berbeda.

Tingkatan yang paling dasar bernama Curug Sodong, kemudian di tingkat kedua bernama Curug Ngelai, dan bagian puncak bernama Curug Cikanteh. Ketiga curug ini dapat dinikmati dalam satu waktu dan satu lokasi. 

Curug yang memiliki 3 tingkat ini terbilang indah di antara curug lainnya yang berada di Sukabumi Jabar.

Bagaimana tidak, selain air terjunnya yang indah, hamparan alam dan rimbunnya pepohonan hijau yang mengelilingi Curug Cikanteh ditambah suara gemuruh air yang mengalir, dan letaknya yang masih asri menjadikan Curug Cikanteh adalah salah satu tempat wisata favorit di Sukabumi Jawa Barat. 

Jika mengunjungi Curug Ini tidak di patok Tiket Masuk , Alias GRATIS , cuma bayar seikhlas nya buat pemeliharaan tempat wisata tersebut. 

Untuk perjalanan ke Curug Cikanteh, wisatawan akan menempuh jalur yang cukup menanjak serta melewati hutan tropis yang sejuk dan lebat. 

Menyusuri semak semak dan menyebrangi sungai, namun semua akan terbayar dengan segala keindahan dari Curug Cikanteh.

Parkir Kendaraan : Motor 3K / Mobil 5K 

Alamat Curug Cikanteh berada di Ciwaru, Ciemas, Sukabumi, Jawa Barat. ***

Ade Yosca

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Curug Cikanteh Surga Wisata Alam di Sukabumi, Air Terjun Tiga Tingkat dengan Panorama Indah dan Mempesona

Trending Now

Iklan