Harga Kios Pasar Pelita Kemahalan, PKL Pilih Kembali Huni Ruas Jalan

KILASINFO.ID
22 Maret, 2022 | 5:06 PM WIB Last Updated 2022-03-22T10:06:55Z

Pedagang Kaki Lima di Kota Sukabumi yang menghuni ruas jalan. | istimewa

SUKABUMI, KILASINFO.id - Sebelumnya Penataan Pedagang Kaki Lima (PKL) di Kota Sukabumi yang menghuni beberapa ruas jalan di laksanakan pada tanggal 12 Februari 2022 yang lalu, Pro dan kontra pun bermunculan saat itu. Bagi pejalan kaki, pengendara, dan pemilik toko, hal ini menjadi perubahan positif mengingat fasilitas publik kembali berfungsi.

Namun kekinian sejumlah pedagang kaki lima (PKL) kembali terlihat berjualan di trotoar Jalan Kapten Harun Kabir, dari mulai pedagang aksesoris, pakaian, boneka dan pedagang lainnya.

Sementara di bahu jalan hampir sepanjang Jalan Kapten Harun Kabir berderet para pedagang makanan yang di sajikan dalam gerobak.

Jalan Kapten Harun Kabir merupakan Salah satu ruas jalan yang sudah di normalisasi dan di tata terbebas dari PKL. 

Anwar (69), Salah seorang PKL di Harun Kabir mengatakan, "Saya jualan kaos dan switer mungkin untuk sementara saya akan tetap berjualan di sini, ujarnya kepada KILASINFO.id selasa (22/03/22).

Masih menurut dia, bukannya tidak ingin pindah ke pasar pelita tetapi sampai saat ini belum ada uang untuk membeli kios di sana.

"Harga kios nya terlalu kemahalan bagi saya, mungkin untuk DP bisa maksain tapi untuk per bulan nya dari mana, sedangkan penghasilan jualan disini juga perhari saja minim pembeli untuk cicilan kios tidak akan terkejar apa lagi situasi ekonomi seperti sekarang" keluhnya.

Anwar mengaku sudah berjualan sejak tahun 1982, kalaupun nanti di harun kabir ada pelarangan kembali jualan bagi PKL ia akan mencari tempat jualan yang baru.

Hal senada di ungkapkan oleh Farid (25)  penjual aksesoris di Jalan Ahmad Yani,  "Sampai saat ini belum kepikiran untuk membeli kios di pasar pelita, harga kiosnya mahal kemudian kalau pindah jualan, saya harus mengeluarkan modal lagi di luar uang DP dan cicilan per bulan" ungkapnya.***

Ade Yosca

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Harga Kios Pasar Pelita Kemahalan, PKL Pilih Kembali Huni Ruas Jalan

Trending Now

Iklan