Harga Migor Naik, Ini Cara Pedagang Opak Singkong di Sukabumi agar Tetap Eksis

KILASINFO.ID
29 Maret, 2022 | 1:37 PM WIB Last Updated 2022-03-29T06:37:39Z

Pengrajin Opak Singkong. |Istimewa

SUKABUMI, KILASINFO.id - Kenaikan harga minyak goreng selama sebulan terakhir menyebabkan sejumlah pedagang harus mencari solusi agar tidak merugi. 

Penjual Opak Singkong di Kampung/Desa/Kecamatan Bojonggenteng Kabupaten Sukabumi misalnya harus mengurangi ukuran kemasan produknya.

"Ya mau gak mau kita siasati-nya diantara dua pilihan, kalau gak naikin harga, ya kemasan yang dikurangi," ungkap Suhendi penjual Opak Singkong, kepada Kilasinfo.id. Selasa (29/3/2022). 

Suhendi tak menampik, kenaikan harga minyak goreng cukup memberatkan usahanya. Bahkan, dia meyakini, kondisi ini juga pasti ikut dirasakan pedagang jenis lainnya yang memanfaatkan minyak goreng dalam olahannya. 

"Ya, karena minyak goreng sudah menjadi bahan pokok untuk sebagian besar makanan," ungkapnya. 

Menurut Suhendi, sebetulnya yang dikeluhkan bukan hanya dari kenaikan harga minyak goreng saja, namun dampak dari pandemi Covid-19 yang belum juga usai yang membuat usahanya sekarang naik turun.

"Bukan hanya kelangkaan dan kenaikan harga migor saja yang menjadi kendala, tapi masalah covid yang bertele-tele itu juga salah satu kendala bagi kami para  pengusaha karena situasi ini membuat penjualannya berkurang hingga 50%,"  kata laki-laki berusia 45 tahun itu.

Selanjutnya, Suhendi berharap, pemerintah bisa segera mengendalikan harga minyak goreng. Pasalnya, penurunan harga minyak goreng tentu akan membantu memudahkan produksi opak singkong ke depannya.

"Saya dan para pengusaha lainnya yang memang memakai migor untuk pembuatannya tentu berharap segera turun harga minyak goreng, karena kebanyakan omset jadi menurun kalaupun tidak turun pasti hasil produksinya akan di kurangi dan yang pasti pembeli berkurang," pungkasnya.***

Ade Yosca

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Harga Migor Naik, Ini Cara Pedagang Opak Singkong di Sukabumi agar Tetap Eksis

Trending Now

Iklan