Hujan Deras, Longsor Terjang Rumah Warga di 5 Desa Kecamatan Parakansalak

KILASINFO.ID
10 Maret, 2022 | 6:32 PM WIB Last Updated 2022-03-10T11:32:12Z


Salah satu rumah yang terancam. Foto : istimewa

SUKABUMI, KILASINFO.id - Tanah longsor akibat guyuran hujan menerjang rumah milik warga di lima desa wilayah Kecamatan Parakansalak, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat (Jabar), pada Rabu (9/3/2022) kemarin. 

Berdasarkan laporan kejadian bencana alam Pusdalops PB BPBD Kabupaten Sukabumi, lokasi tanah longsor terjadi di desa Lebaksari, Parakansalak, Sukatani, Sukakersa, dan desa Bojonglongok.

Di desa Lebaksari, longsor mengakibatkan dinding rumah milik Muhammad Sopian jebol. Rumah yang dihuni empat jiwa di Rt 01Rw01 itu, tidak bisa di huni sehingga mengungsi ke tempat saudara terdekatnya. 

Di desa Parakansalak, longsor menutup


jalan desa dan mengancam rumah Sukatma. Tanah longsoran tersebut diperkirakan memiliki panjang 20 meter, lebar 3 meter, dan tinggi 5 meter.

Di desa Sukatani, tanah longsor menutup jalan Desa dengan panjang 15 meter, lebar 1 meter,  dan tinggi 5 meter.

Di desa Sukakersa, tanah longsor menimpa rumah Endang dan Aman di kampung Lembursawah Rt10 Rw04.

Kemudian, di desa Bojonglongok, tanah longsor menimpa rumah Aan yang dihuni 2 jiwa di kampung Wangun Rt02 Rw03, dengan diameter longsor berkisar panjang 3 meter, lebar 1,5 meter, dan tinggi 2 meter.

"Izin melaporkan telah terjadi Peristiwa tanah longsor menimpa rumahwarga dan jalan desa di wilayah kecanatan Parakansalak pada Rabu (9/3/2022) sekira pukul 16:00 wib," demikian kutipan laporan P2BK Kecamatan Parakansalak yang masuk ke redaksi kilasinfo.id.

Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini, kerugian yang ditimbulkan ditaksir mencapai puluhan juta rupiah.

Berdasarkan pantauan, warga bersama petugas telah melakukan evakuasi material longsor yang menerjang rumah warga tersebut. ***

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Hujan Deras, Longsor Terjang Rumah Warga di 5 Desa Kecamatan Parakansalak

Trending Now

Iklan