Ingin Tau Masjid-masjid yang Memiliki Arsitektur Unik dan Keren di Indonesia, Ini Daftarnya!

04 Maret, 2022 | 2:42 PM WIB Last Updated 2022-03-04T07:42:12Z

Caption : Masjid-masjid dengan arsitektur unik ini menyiratkan bahwa masjid bukan sekadar tempat ibadah tapi juga sebagai pusat peradaban. Foto : griyasantria.co.id

NASIONAL, KILASINFO.id - Sebagai negara dengan penduduk muslim terbesar di dunia, sangat mudah untuk menjumpai masjid di Indonesia mulai dari sabang sampai Merauke. Dari masjid kecil yang biasa-biasa saja sampai ke masjid-masjid besar dengan arsitektur yang unik hampir ada di tiap kota di Indonesia.

Melansir griyasantria.co.id, berikut masjid-masjid yang memiliki desain unik dan keren yang ada di Indonesia :

Masjid Menara Kudus Jawa Tengah

Masjid Menara Kudus disebut juga dengan Masjid Al Aqsa, yakni masjid yang dibangun oleh Sunan Kudus pada tahun 1549.

Dimasjid ini, bagian menara Kudus memiliki ketinggian sekitar 18 meter. Di sekeliling bangunan dihias dengan piring-piring bergambar yang kesemuanya berjumlah 32 buah, 20 di antaranya berwarna biru serta berlukiskan masjid, manusia dengan unta dan pohon kurma.

Sementara, 12 buah lainnya berwarna merah putih berlukiskan kembang. Di dalam menara terdapat tangga yang terbuat dari Kayu Jati yang mungkin dibuat pada tahun 1895 M.

Masjid Kubah Emas Depok

Masjid Kubah Emas Depok atau memiliki nama resmi Masjid Dian Al-Mahri ini akan membuat takjub setiap orang yang melihatnya. Kubahnya dilapisi emas setebal 2-3 mm dan mozaik kristal.

Bangunan masjid ini terdiri dari 1 kubah utama dan 4 kubah kecil. Di dalam masjid, tergantung lampu kristal seberat 8 ton yang didatangkan langsung dari Italia.

Selain kubahnya, relief di tempat imam, pagar di lantai dua, dan hiasan kaligrafinya juga dilapisi dengan emas. Masjid Kubah Emas terletak di Jalan Meruyung Raya, Kecamatan Limo, Kota Depok.

Masjid Agung Jawa Tengah Semarang

Masjid kebanggan masyarakat kota Semarang ini memiliki payung elektrik seperti yang ada di Masjid Nabawi, Madinah. Diresmikan tahun 2006 oleh mantan Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono.

Desain arsitekturnya merupakan perpaduan antara Arab, Jawa, dan Barat.

Bagian atap limasan masjid begitu kental dengan gaya arsitektur Jawa, sementara kubah payungnya mengambil inspirasi desain dari Arab, dan di bagian pilar pada plaza utama yang dilengkapi ukiran kaligrafi terlihat menyerupai bangunan Colosseum yang ada di Roma Italia.

Kemegahan maupun keindahan Masjid Agung Jawa Tengah membuat tempat ini sering juga dijadikan objek wisata religi dan terpadu dengan pendidikan serta pusat syiar agama Islam di Jawa Tengah. 

Masjid Cheng Ho Surabaya

Masjid Cheng Ho yang unik dan cantik ini merupakan Masjid Cheng Ho pertama di Indonesia yang dibangun tahun 2002. Selanjutnya menyusul dibangun Masjid-Masjid Cheng Ho lainnya di berbagai kota di Indonesia.

Arsitektur bangunan Masjid Cheng Ho di Surabaya diilhami dari Masjid Niu Jie yang ada di Beijing, sedangkan pintu utama masjid didesain dengan nuansa Timur Tengah, dan temboknya bernuansa Jawa.

Kindahan dan keunikannya nampak jelas dari keberadaan ornamen seni kaligrafi dan aksara China yang menghiasi langit-langit masjid. 

Tiap sudut bangunan masjid juga memiliki makna filosofi seperti atap masjid berbentuk persegi delapan yang menyerupai sarang laba-laba.

Di sudut dinding utara masjid ini,  nampak relief sang laksamana dengan miniatur kapalnya yang memiliki arti kalau Cheng Ho ialah sosok pelaut muslim dari China.

Masjid Agung An-nur Pekanbaru

Masjid Agung An-Nur mendapat julukan sebagai ‘Taj Mahal’-nya Riau. Masjid ini banyak mengadopsi gaya arsitektur Melayu, Turki, Arab, dan India. Pada tahun 2000, Masjid Agung An-Nur direnovasi, dari luas awalnya yang semula hanya 4 ha, kini menjadi 12,6 ha.

Bangunan Masjid Agung An-Nur ini terdiri dari tiga lantai dan tiga buah tangga. Di bagian atas terdapat 13 buah pintu dan di bagian bawah ada 4 buah pintu.

Masjid yang sangat megah ini, terletak di Jalan Hangtuah, Kelurahan Sumahilang, Kecamatan Pekanbaru Kota, Kota Pekanbaru, Riau.

Masjid Al Irsyad Bandung

Desain masjidnya yang berbentuk kubus menjadi keunikan paling menonjol dibanding bentuk bangunan masjid yang biasanya memiliki kubah.

Masjid yang memiliki luas 1.871 meter persegi ini didominasi warna abu-abu dan kalau dilihat dari jauh, celah-celah di temboknya yang berfungsi sebagai ventilasi membentuk pola kaligrafi unik dua kalimat syahadat yang akan makin terlihat jelas saat malam hari Ketika lampu-lampu di langit-langit dalam masjid dinyalahkan.

Masjid ini juga memiliki 99 buah lampu di bagian langit-langitnya berbentuk kotak panjang sebagai simbol Asmaul Husna.

Di depan mihrab masjid juga terdapat satu bola besar hita bertuliskan nama Allah, di mana bola ini terlihat seolah ada di atas air.

Masjid Safinatun Najah Semarang

Masjid kapal yang cantik berpadu dengan suasana persawahan yang indah berlokasi di Jalan Kyai Padak, Kelurahan Podorejo, Kecamatan Ngaliyan, Kota Semarang. Lebih dikenal dengan nama Masjid Kapal karena memang bentunya menyerupai kapal pesiar.

Masyarakat yang datang biasanya bukan sekadar ingin ibadah salat tapi juga penasaran dan akhirnya Masjid Kapal menjadi tempat wisata religi bagi penduduk sekitar dan tak jarang datang juga dari luar kota.

Bangunan masjidnya didominasi warna kuning dan empat buah lantai dengan fungsi berbeda-beda.

Bangunan pertama dipakai sebagai ruang pertemuan, ruang kedua dan ketiga merupakan tempat beribadah. Sementara lantai keempat yang merupakan atap, sering dikunjungi untuk melihat pemandangan alam dari ketinggian.

Masjid Raya Sumatera Barat Padang

Nuansa minangkabau yang sangat kental di Masjid Raya Sumbar. Masjid kebanggan masyarakat Sumatera barat ini memiliki banyak sekali pintu sehingga dijuluki Masjid Seribu pintu angin.

Designnya diambil dari bentuk rumah gadang dan merupakan representasi dari falsafah luhur orang padang yaitu “basandi syarak-syarak basandi kitabullah” yang berarti adat dengan dasar dan ditopang oleh syariat Islam berdasarkan Al-Quran dan Hadist.

Makanya atap Masjid Raya Sumatera Barat punya bentuk segi empat dengan tiap sudut menjulang ke langit mirip Rumah Gadang. Berada di jantung kota Padang, masjid ini juga didesign untak tahan terhadap gempa hingga magnitudo 10. 

Masjid besar yang berdaya tampung 20 ribu jamaah ini juga bercorak ukiran khas Minangkabau pada bagian dinding-dindingnya.

Masjid 99 Kubah Makasar

Masjid 99 Kubah merupakan masjid ikonik dan sangat indah yang ada di kota Makasar. Masjid besar yang Diarsiteki oleh Ridwan Kamil ini dibangun dengan biaya mencapai 176 miliar dan bisa menampung hingga 10 ribu jamaah.

Masjid yang dibangun di atas lahan reklamasi Pantai Losari ini menjadi latar pemandangan indah saat kita melihatnya dari Anjungan Pantai Losari.

Pantas saja jika masjid ini masuk daftar 30 Masjid Terindah di dunia.

Masjid Al Jabbar Bandung

Masjid Al Jabbar seperti mengapung di atas danau

Sering disebut juga Masjid terapung Gedebage sebab Masjid ini memang dibangun atas danau buatan Embung Gedebage yang memiliki luas 7,2 hektar. 

Embung ini bisa menampung air hingga 270.000 meter kubik yang juga akan berfungsi sebagai pengendali banjir, sumber air, dan konservasi.

Di bagian depan masjid nantinya akan ada plaza yang dikelilingi empat menara bergaya modern minimalis. Keempat menara dibuat seolah-olah muncul dari dasar danau.

Ada pula menara utama yang memiliki tinggi 99 meter dan bentangan atap baja yang mencerminkan 99 nama Asmaul Husna. Rencananya, Masjid yang masih dalam proses pembangunan ini juga akan dilengkapi dengan museum sejarah Nabi Muhammad SAW yang berada di lantai bawah.

Demikian daftar Masjid-masjid yang memiliki arsitektur unik dan keren di Indonesia versi kilasinfo.id. Semoga kita diberi kesempatan oleh Allah SWT untuk mengunjungi langsung masjid-masjid tersebut.***

Herlambang

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Ingin Tau Masjid-masjid yang Memiliki Arsitektur Unik dan Keren di Indonesia, Ini Daftarnya!

Trending Now

Iklan