Ini 12 Tuntutan Aksi Sarinah GMNI Sukabumi Raya di Gedung DPRD Kota Sukabumi

KILASINFO.ID
12 Maret, 2022 | 8:16 PM WIB Last Updated 2022-03-12T13:16:06Z


Masa aksi mengenakan batik warna hitam menandakan landasan, kekuatan dan penangkal hal-hal negatif. Foto : istimewa

SUKABUMI, KILASINFO.id - Puluhan Mahasiswi yang tergabung dalam Sarinah GMNI (Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia) Sukabumi Raya, melakukan aksi damai di depan gedung DPRD Kota Sukabumi Jalan Ir H. Juanda Kecamatan Cikole, Sabtu (12/3/2022) sore.

Aksi yang mereka namakan Refleksi IWD (Internasional Women's Day) atau hari perempuan se-dunia pada 8 maret lalu itu, mengambil tema BreakTheBias yang artinya tak pilih-pilih, dengan tujuan untuk meningkatkan kesadaran terhadap bias dunia terhadap kesetaraan gender.

Dalam aksi tersebut, diisi oleh penyampaian orasi tentang hak - hak perempuan dan persamaan gender serta hak - hak buruh dan petani, terlihat seluruh peserta aksi mengenakan batik berwarna hitam.

Menurut Koordinator Lapangan (Korlap), Sarinah Nur Afni Wulandari, hitam melambangkan landasan, kekuatan, dan penangkal hal-hal negatif. juga memperingati tokoh perempuan yang gugur.

"Dan juga kenapa pakai batik, karena batik adalah ciri khas Indonesia, perempuan Indonesia nan anggun," ujarnya.

Kami menuntut di berikannya hak kesehatan buruh, upah yang layak dan sepadan bagi buruh perempuan, hukum berat bagi pelaku kekerasan seksual, buat aturan yang tegas tentang kekerasan seksual, cabut Inpres no 1 tahun 2022, tolak Permenaker no 2 tahun 2022.

Selanjutnya, menuntut mencabut segala peraturan kampus yang membatasi perempuan dalam memajukan dirinya dengan berorganisasi, bahwa kejahatan terhadap perempuan dan anak adalah kejahatan yang luar biasa.

"Kami menuntut pemerintah di berikannya jaminan sarana produksi pertanian untuk petani, stop kekerasan terhadap pekerja rumah tangga dan PRT berhak kerja layak serta sahkan RUU PPRT,  berikan akomodasi yang layak bagi pekerja disabilitas, dan terakhir sahkan RUU PKS pro terhadap korban" pungkasnya.***

Ase Yosca

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Ini 12 Tuntutan Aksi Sarinah GMNI Sukabumi Raya di Gedung DPRD Kota Sukabumi

Trending Now

Iklan