Ini Sejarah Singkat Berdirinya Ponpes Syamsul ‘Ulum Gunungpuyuh Sukabumi

KILASINFO.ID
11 Maret, 2022 | 1:47 PM WIB Last Updated 2022-03-11T06:47:56Z

Ponpes Syamsul ‘Ulum. Foto : infosyamsululum

SUKABUMI, KILASINFO.id – Pondok pesantren Syamsul ‘Ulum Gunungpuyuh Sukabumi didirikan pada tahun 1933 oleh almarhum KH. Ahmad Sanusi. Konon, Pesantren ini dibangun setelah sekembalinya beliau dari pengasingan dan langsung melakukan pembinaan kepada santri-santri dan para ulama.

Perkembangan pesantren Syamsul ‘Ulum cukup pesat, karena memiliki misi untuk membina dan menjadikan generasi yang berilmu amaliyah dan beramal ilmiah, serta memiliki keterampilan terutama dalam pendidikan dan dakwah Islam.

“Pesantren ini untuk mendidik putra putri Indonesia yang berguna dan bermanfaat bagi masyarakat serta bangsa Indonesia untuk membina generasi berilmu amaliyah dan beramal ilmiah dan memiliki skill dalam mengisi pembangunan, terutama dalam pendidikan dan dakwah,” kata Munandi Shaleh, salah salah seorang alumni sekaligus pengurus Ponpes Syamsul ‘Ulum, kepada kilasinfo, Jumat (11/3/2022).

Melalui lembaga pendidikan, masih kata Munandi, pembinaan dan pengembangan sumber daya manusia secara utuh dan komprehensif, berkesinambungan, terus menerus dikembangkan agar mampu melayani kebutuhan pembangunan dan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi, serta iman dan taqwa sehingga mampu menghadapi tantangan zaman dan perkembangan dunia pendidikan.

“Kemajuan Pesantren Syamsul‘ Ulum terbilang cepat, alumni Pesantren Genteng Babakan Lenyap serta Gunungpuyuh banyak tersebar di mana-mana,” terang Munandi.

Dia juga memaparkan, ada dua model pendidikan yang diterapkan di Ponpes Syamsul ‘Ulum, yakni pendidikan formal dan non formal.

“Disini menerapkan dua model pendidikan, yaitu, pendidikan formal seperti Taman Kanak-Kanak Al-Qur’an, Taman Pendidikan Al-Qur’an, Madrasah Tsanawiyah, Madrasah Aliyah, Sekolah Menengah Kejuruan, Sekolah Tinggi Agama Islam, dan Sekolah Tinggi Ilmu Sosial dan Ilmu Politik,” jelasnya.

Sedangkan, sambung Munandi, ‘Untuk non formal ada Madrasah Diniyah, terdiri dari Tahfidzul Qur’an serta berbagai macam kegiatan ekstrakurikuler,”sambungnya.***

Ade Yosca

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Ini Sejarah Singkat Berdirinya Ponpes Syamsul ‘Ulum Gunungpuyuh Sukabumi

Trending Now

Iklan