Jual Gorengan, Ai Ukah Sukses Kuliahkan Anaknya

KILASINFO.ID
29 Maret, 2022 | 6:14 PM WIB Last Updated 2022-03-29T11:14:54Z

Ai Ukah saat menjual gorengan di depan rumahnya. |Ade Yosca

SUKABUMI, KILASINFO.id - Tujuh belas tahun sudah Ibu Ai Ukah menjadi penjual gorengan di Kampung/Desa/Kecamatan Bojonggenteng. Ibu dengan tiga anak ini merupakan warga asli Bojonggenteng.

Sambil menyeka keringat di wajahnya, Ai Ukah (45) tetap semangat bekerja sebagai penjual gorengan di depan rumahnya demi menyekolahkan ketiga anak-anaknya hingga bangku kuliah.

"Setiap hari berjualan kecuali hari minggu libur," ungkap Ai, saat ditemui dirumahnya, Selasa (29/3/2022).

Jualan teraebut dilakukan Ai untuk membiayai pendidikan ketiga anaknya agar berhasil. "Pokoknya selama anak-anak memiliki keinginan dan semangat melanjutkan pendidikan ke tingkat yang lebih tinggi, tetap saya akan berupaya untuk berusaha untuk mewujudkannya," katanya.

Ai mengaku kalau suaminya hanya memiliki pekerjaan serabutan, namun hal itu tak membuatnya putus asa untuk terus berusaha mencari rezeki demi pendidikan anak-anaknya.

"Kalau bapak sih sekarang kerjanya hanya serabutan, jadi kalau ada kerjaan baru dapat uang. Dulunya bapak yang jual gorengan keliling. Karena faktor usia, bapak sekarang tidak berjualan lagi," paparnya.

Dari ketiga anaknya, Ibu Ai, berhasil menyekolahkan anaknya di salah satu pondok pesantren (Ponpes) terbaik di Kabupaten Sukabumi, dan ketiganya merupakan lulusan Ponpes Assalam Kabupaten Sukabumi.

"Meski seadanya, tapi alhamdulillah, bisa menyekolahkan anak-anak hingga kuliah," ungkapnya. 

Anak yang pertama, sekarang kuliah di Semarang ngambil jurusan Akuntansi dan alhamdulillah mendapat beasiswa. 

Anak yang kedua, tidak mau kuliah, tapi sudah kerja di Tangerang. "Gak mau kuliah, malah pilih kerja, bilangnya kasian ibu sama bapak," ungkapnya. 

Kemudian anak yang terakhir, baru lulus dari Ponpes, sekarang mau ngambil program beasiswa juga di Jakarta atau Sukabumi.

Dari cerita hidup ini, bisa diambil hikmah, karena hampir 17 tahun Ai, berjualan gorengan, namun siapa sangka pekerjaan yang sering banyak orang sepelekan, tapi tidak bagi Ai dan suaminya yang menjadikan dagangan tersebut ladang pendapatan rezeki yang tak terduga.

"Alhamdulullah, dalam satu hari berjualan saja, bisa mendapatkan penghasilan Rp700- Rp1 juta atau jika dalam sebulan mencapai Rp21 - Rp30 juta, dengan modal awal Rp400 ribu," jelasnya. 

"Sebetulnya sih, sambung Ai, gak nentu, tapi paling kecil jualan dua kali dalam sehari bisa dapat Rp700 ribu, kadang bisa lebih dari Rp1 juta. Alhamdulillah, semua rezeki dari Allah dan semangat saya untuk pendidikan anak agar bisa sekolah tinggi bisa terlaksana," tandasnya.***

Ade Yosca

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Jual Gorengan, Ai Ukah Sukses Kuliahkan Anaknya

Trending Now

Iklan