Kades Nangerang Pastikan Penyaluran Bansos Sembako BPNT di Wilayahnya Tertib tanpa Persoalan

02 Maret, 2022 | 9:11 PM WIB Last Updated 2022-03-22T04:01:58Z

Kepala Desa Nangerang, Unang Suwandi. Foto : Istimewa

SUKABUMI, KILASINFO.id - Kepala Desa Nangerang, Kecamatan Cicurug, Kabupaten Sukabumi Unang Suwandi, memastikan realisasi bansos sembako Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) sebesar Rp600 ribu di wilayah nya berjalan aman, tertib tanpa persoalan. 

Pasalnya, dalam penyaluran bansos tersebut, Pemerintah desa (Pemdes) telah menyesuaikan dengan SK Direktorat Jendral Penanganan Pakir Miskin no 2 tahun 2021 bab II poin g, yakni hanya berkewajiban untuk mensosialisasikan saja.

"Alhamdulillah, pencairan bansos BPNT di Desa Nangerang berjalan aman, tertib tanpa persoalan," ungkap Unang, saat ditemui di kantornya, Rabu (2/3/2022).

Menurut dia, sejak tahap pertama 245 orang, pencairan bansos tunai sebesar Rp600 ribu dilaksankan di kantor desa Nangerang oleh Kantor Pos Cicurug.

"Kita pastikan sesuai arahan tim koordinasi (Tikor), BPNT tunai ini diutamakan dicairkan di e-warung yang ada ditiap desa, kemudian dipasar tradisional atau warung sembako," kata Unang. 

Jadi pada intinya, masih kata Unang, pemdes tidak mengarahkan harus kepada siapa, yang penting uang tersebut silahkan dibelanjakan sembako oleh masyarakat dimana saja. 

"Mau di e-warung boleh, mau di warung sembako milik tetangga boleh, mau di pasar tradisional juga boleh kalau ada," tukasnya.

"Yang tidak boleh itu, sambung Unang, adalah belanja di warung atau di pasar modern," sambungnya. 

Saya secara pribadi, tambah Unang, menginginkan bahwa perputaran uang dari bantuan BPNT tunai ini bergerak dilingkup desa Nangerang.

"Sesuai dengan tujuan pemerintah pusat berkaitan dengan bansos BPNT, bahwa uang tersebut harus berkembang dimasing-masing desa supaya ekonomi bisa bangkit kembali," terangnya.

Kemudian, apa yang sudah dilaksanakan di desa Nangerang sendiri, Alhamdulillah, berjalan dengan lancar tertib tidak ada persolan.

"Saya menghimbau kepada siapapun, bahwa dalam hal ini tidak ada pengarahan untuk harus belanja kepada warung sembako tertentu atau kepada siapapun. Biarkan masyarakat menentukan pilihannya sendiri, yang penting dipastikan bahwa uang tersebut di belanjakan kepada sembako," tandasnya.***

Komarudin

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Kades Nangerang Pastikan Penyaluran Bansos Sembako BPNT di Wilayahnya Tertib tanpa Persoalan

Trending Now

Iklan