MUI Cicurug dan ZIS Kabupaten Sukabumi Kolaborasi Gelar Mabit dan Suji

06 Maret, 2022 | 11:22 AM WIB Last Updated 2022-03-06T04:22:35Z

 "Dasar program ZIS bertujuan untuk membiasakan masyarakat untuk belajar Zakat sebelum Nishob"

Ketua Forum ZIS Kabupaten Sukabumi H Ade Daryadi saat memberikan santunan. |Dok : kilasinfo.id

SUKABUMI‌, KILASINFO.id - Majelis ulama Indonesia (MUI) Kecamatan Cicurug, bersama Forum ZIS (Zakat Infaq Sodakoh) Kecamatan Cicurug, Kabupaten Sukabumi,

berkolaborasi menggelar Malam Bina Iman dan Taqwa (Mabit) dan Subuh Mengaji (Suji) kepada masyarakat di Masjid Jami Annimah Cibeber, Kecamatan Setempat, ahad (6/3/2022).

"Iman itu akan sempurna jika kumpul tiga perkara yakni, meyakinkan dihatinya, mengucapkan di lisannya, dan melaksanakan dengan perbuatannya," kata 

KH. Hamdan Alawy, dewan pertimbangan MUI Kecamatan Cicurug.

KH. Hamdan, menegaskan bahwa perintahNya harus diamalkan jika kita ingin menjadi mukmin sejati. 

"Jangan seperti iblis, dia yakini Allah, dia pun mengakui Allah Tuhannya, namun karena dia menghinakan apa yang Allah muliakan, maka jatuhlah dia pada kekafiran," ungkapnya. 

Maka, lanjut KH. Hamdan, Iman tak cukup mengakui saja, tapi juga harus mengucapkan dilisan dan melaksanakan apa yang menjadi perintah Allah SWT. 

Sementara itu, Ketua Forum ZIS Kabupaten Sukabumi, H. Ade Daryadi, memastikan dasar program ZIS bertujuan untuk membiasakan masyarakat untuk belajar Zakat sebelum Nishob.

"ZIS bisa terlaksana dengan adanya sinergitas antara ulama dan umaro," ungkap H. Ade, saat ‌memberikan arahan tentang program suji dan penguatan ZIS.

Menurut H. Ade, program ZIS sendiri saat ini berjalan begitu saja sesuai kearifan lokal masyarakat dengan konsep yang sangat sederhana yakni, besodaqoh setiap pagi hari dari 2,5 persen anggran belanja setiap hari bukan dari sisa belanja.

"Kenapa shodaqoh di anjurkan dilaksanakan di pagi hari, karena sesuai keterangan bahwa Allah SWT menurunkan dua malaikat ke bumi di pagi hari dengan meiliki tugas yang berbeda," terangnya. 

Malaikat yang pertama, jelas mantan Kepala Desa Nangerang tiga periode itu, bertugas mendoakan manusia yang bershodaqoh supaya hartanya berkah dan bertambah.

Dan malaikat yang satunya bertugas untuk medoakan manusia yang tidak mau bershodaqoh agar Allah SWT mengurangi hartanya.

"Program ZIS membangun kepekaan sosial karena sebagian besar uang ZIS di keluarkan untuk kegiatan sosial," sebut H. Ade yang jugabketua lazisnu Kabupaten Sukabumi.

Kegiatan sosial sendiri di antaranya, tambah H. ade, yakni kesehatan, kematian, penerangan fasos fasum, santunan yatim piatu dan janda jompo, dan juga kegiatan sosial lainnya di sesuaikan dengan kebutuhan masyarakat.

Hasil pantauan, sebelum acara ditutup dilaksanakan ‌santunan yatim dan janda jompo sebanyak 41 orang dan Alqur.an secara simbolis yang di terima oleh ketua DKM Jami Annimah Cibeber. ***

Komarudin

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • MUI Cicurug dan ZIS Kabupaten Sukabumi Kolaborasi Gelar Mabit dan Suji

Trending Now

Iklan