Perda Seni dan Budaya Segera Disahkan DPRD Kota Sukabumi

KILASINFO.ID
24 Maret, 2022 | 6:22 PM WIB Last Updated 2022-03-24T11:22:53Z

Ketua komisi III DPRD Kota Sukabumi Gagan Rachman Suparman, saat paripurna di gedung DPRD kota Sukabumi. |Eka Lesmana

SUKABUMI, KILASINFO.id - Komisi III DPRD Kota Sukabumi, menyampaikan bahwa saat ini pihaknya tengah menggodog Rancangan peraturan daerah (Raperda) tentang seni dan budaya. 

Hal tersebut disampaikan langsung ketua komisi III DPRD Kota Sukabumi Gagan Rachman Suparman, di gedung DPRD kota Sukabumi, kamis (24/3/2022).

"Raperda yang kita (Komisi III DPRD.red) bahas ini sebagai bentuk wujud kepedulian terhadap khazanah kekayaan budaya dan kesenian lokal khas Kota Sukabumi," kata Gagan. 

Menurut Gagan, saat ini Raperda tentang Merawat dan melestarikan Kesenian dan kebudayaan Sunda Kota Sukabumi sedang dalam pembahasan di komisi III.

"Para pelaku seni dan budaya ini harus di berikan tempat untuk berekspresi, dan ritual apapun budayanya khusus yang ada dikota sukabumi harus di ingatkan dan dilestarikan, karena itu bagian dari kompleksitas budaya peninggalan orang tua kita dahulu," paparnya.

Dengan adanya Raerda tersebut, masih kata Gagan, eksistensi dan skala prioritas kebudayaan kasundaan khususnya yang ada di Kota Sukabumi pastinya akan terangkat.

"Jadi disini, Pemerintah berkewajiban untuk berkontribusi dalam memberikan dukungan baik moral maupun financial juga pasilitas terhadap keberlangsungan para pelaku seni dan budaya di wilyaahnya," ucapnya.

Gagan memastikan Raperda tersebut terus digodog dan dipersiapkan dalam pembahasan dengan para stock holder yang berkaitan supaya Raperda bisa terralisasi di tahun ini.

Lebih jauh Gagan yang juga sebagai ketua Fraksi PDI Perjuangan ini, menjelaskan tentang pentingnya Perda tersebut. 

"Perda ini penting untuk melestarikan budaya dan kesenian lokal kemudian menjadi bahan sejarah dan pelajaran bagi generasi muda berikutnya," sebutnya. 

Selain itu, sambung Gagan, "Memotivasi para pelaku seni dan budaya melalui pembinaan dengan menyiapkan gedung atau tempat khusus bagi para budayawan dan seniman dimana mereka dapat menampilkan hasil karyanya kepada publik" tutupnya.***

Eka Lesmana

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Perda Seni dan Budaya Segera Disahkan DPRD Kota Sukabumi

Trending Now

Iklan