Prosesi Kendi Nusantara di Titik Nol IKN, Simbol Penyatuan Seluruh Daerah Indonesia

KILASINFO.ID
14 Maret, 2022 | 12:07 PM WIB Last Updated 2022-03-14T05:07:41Z

 

Prosesi Kendi Nusantara di titik NOL : foto okezone.com

JAKARTA, KILASINFO.id -- Prosesi Kendi Nusantara yang diresmikan Presiden Joko Widodo di Titik Nol Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, menjadi simbol penyatuan seluruh daerah Indonesia ke dalam IKN Nusantara.

Melansir CNNIndonesia, Presiden Joko Widodo melaksanakan ritual tersebut didampingi 34 pimpinan provinsi. 

Prosesi kendi Nusantara dimulai dengan mengumandangkan lagu kebangsaan Indonesia Raya untuk pertama kalinya di IKN Nusantara. Kemudian, satu per satu gubernur menyerahkan tanah dan air yang mereka bawa dari provinsi masing-masing.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menjadi orang pertama yang menyerahkan tanah dan air ke Jokowi. Anies membawa tanah dari Kampung Akuarium, kampung di Jakarta Utara yang pernah digusur Gubernur Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok.

Tak semua provinsi diwakili oleh gubernur. Gubernur Papua Lukas Enembe absen. Papua diwakili pejabat eselon II, yaitu Asisten Bidang Administrasi Umum Sekda Papua Y. Derek Hagemur.

Tanah dan air yang disetor ke Jokowi langsung disatukan ke dalam sebuah gentong. Prosesi ini menjadi simbol penyatuan seluruh daerah Indonesia ke dalam IKN Nusantara.

Lukas Enembe Absen, Tanah dari 29 Wilayah Papua Diterbangkan ke IKN.

Setelah kegiatan ini, Jokowi akan menanam pohon di lokasi ibu kota negara baru. Dia juga akan bermalam di lokasi tersebut bersama beberapa menteri dan kepala daerah.*

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Prosesi Kendi Nusantara di Titik Nol IKN, Simbol Penyatuan Seluruh Daerah Indonesia

Trending Now

Iklan