Puluhan Siswa Madrasah di Tegalbuleud Sukabumi ini Belajar di Bangunan Sekolah yang Memprihatinkan

KILASINFO.ID
11 Maret, 2022 | 1:42 PM WIB Last Updated 2022-03-11T06:42:38Z

Seorang guru Madrasah bersama anak didiknya di depan bangunan sekolah berdinding kayu. Foto : istimewa

SUKABUMI, Kilasinfo.id - Madrasah Diniyah Raudatul Jannah yang dibangun sejak 1995 atas gotong royong swadaya masyarakat setempat tak pernah sekalipun direnovasi. Madrasah ini posisinya berada di Kecamatan Tegalbuleud, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat.

Keadaan Madrasah Diniyah (MD) yang semakin lapuk di makan usia itu, kini harus menampung 6 kelas siswa-siswi yang ingin mencari ilmu.

Terlihat banyak atap bangunan yang bocor, alas lantai yang masih beralaskan tanah, dan kondisi makin diperparah lantaran tidak memiliki fasilitas MCK. 

“Seringkali, anak-anak terpaksa harus buang air kecil atau buang air besar di semak-semak sekitar sekolah,” kata Asep guru setempat.

Menurut Asep, yang merupakan satu-satunya guru yang mengajar di MD itu, dirinya hanya dapat membagi-bagi waktu belajar siswa-siswinya, karena kekurangan kelas. Meski begitu, Asep mengaku kalau muridnya tak pernah sedikitun mengeluh bahkan mereka selalu bersemangat dalam menuntut llmu.

“Saat hujan, air masuk melalui celah ruangan yang bocor dan membasahi ruangan kelas hingga menyebabkan becek dan kotor. Kami yang sebagian besar guru dan masyarakat setempat sangat berharap ada dermawan yang bersedia membantu merenovasi madrasah ini,” ungkapnya.

Dan semoga, lanjut Asep, “Suatu hari nanti kami beerikut murid-murid bisa menempati sekolah Madrasah Diniyah Raudatul Jannah dengan bangunan yang aman, layak, dan nyaman serta tidak merasa dihantui akan tertimpa reruntuhan bangunan yang sudah rapuh,” ucapnya.***

Ade Yosca

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Puluhan Siswa Madrasah di Tegalbuleud Sukabumi ini Belajar di Bangunan Sekolah yang Memprihatinkan

Trending Now

Iklan